Selasa, 07 April 2020

 

 

Nasional

DPRD NTT Tetap Mengawasi Pemanfaatan Dana BOS

Abubakar
Selasa, 18 Februari 2020 16:32 WIB

DPRD NTT Tetap Mengawasi Pemanfaatan Dana BOS
Ketua Komisi V DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT), Yunus Takandewa

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi V DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT), Yunus Takandewa mengatakan, legislatif tetap mengawasi larangan pemanfaatan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di daerah itu.

"DPRD NTT akan tetap melakukan pengawasan terhadap larangan pemakaian dana BOS reguler untuk sejumlah hal," kata Yunus Takandewa, di Kupang, Selasa.(18/02/2020). 

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan kebijakan pemerintah pusat, yang mengalokasikan dana BOS sebesar 50 persen untuk membayar gaji guru honorer atau kontrak, dan transfer langsung ke sekolah, dan bagaimana sistem pengawasannya.

Menurut dia, pengawasan dilakukan apabila dana BOS itu disimpan dengan maksud dibungakan, dipinjamkan kepada pihak lain, membeli pakaian, seragam atau sepatu, pemeliharaan prasarana sekolah dengan kategori rusak sedang dan berat, hingga membeli saham.

"Kami juga mengimbau agar sekolah diwajibkan mempertanggung jawabkan penggunaan dana BOS reguler kepada pemerintah pusat maupun masyarakat," katanya.

Sekolah juga harus melaporkan semua penggunaan dana melalui laman BOS Kemendikbud setelah mendapat penyaluran dana di tahap pertama, katanya.

Mantan Wakil Ketua DPRD NTT itu mengatakan, jika sekolah gagal melaporkan penggunaan dana BOS, maka dana di tahap selanjutnya tidak bisa dicairkan.

Artinya, kepala sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan bertanggung jawab, dan memastikan semua sekolah menginput datanya, katanya.[]

Berita Lainnya

Pengurus DPP Gabema Tapteng Sibolga Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

SOKSINEWS.COM, Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gabema Tapteng Sibolga periode 2019-2024 resmi dilantik di Jakarta, Minggu . . .

Nasional Minggu, 01 Maret 2020

Kemendes: 433 Desa Tanpa Listrik Segera Terang Benderang

SOKSINEWS.COM, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan sebanyak 433 desa yang . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020

Pemkab Kubu Raya Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

SOKSINEWS.COM, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengajak seluruh masyarakat di kabupaten itu dan Kalimantan Barat umumnya untuk bersama-sama . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020

Wagub Jabar Bentuk Santri Siaga Bencana

SOKSINEWS.COM, Wakil Gubernur Jawa Barat,  UU Ruzhanul Ulum meminta Kantor Pencarian dan Pertolongan untuk melatih dan membentuk . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020

OJK Kalteng Gencarkan Edukasi Dan Literasi Keuanagan Pada 2020

SOKSINEWS.COM, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah terus menggencarkan edukasi dan literasi kepada masyarakat . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020