Rabu, 23 September 2020

 

 

Nasional

Panitia Pemilih Cawagub DKI Ditargetkan Terbentuk Pekan Depan

Abubakar
Jumat, 21 Februari 2020 16:33 WIB

Panitia Pemilih Cawagub DKI Ditargetkan Terbentuk Pekan Depan
Muhammad Taufik di Balai Kota Jakarta.

SOKSINEWS.COM, Panitia Pemilih (Panlih) Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta untuk menentukan pengganti Sandiaga Uno, ditargetkan terbentuk pada pekan depan antara Selasa (25/2) atau Rabu (26/2).

"Target selesai pembentukannya Selasa atau Rabu pekan depan," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik di Balai Kota Jakarta, Jumat.(21/02/2020).

Panlih yang berisi masing-masing satu perwakilan dari tiap fraksi, kata Taufik ditargetkan pekan depan karena saat ini banyak anggota dewan yang tengah melakukan kunjungan kerja (Kunker).

"Kami sudah bersurat ke fraksi-fraksi, dari fraksi sudah ada yang mengirim ada yang belum. Kami bersurat setiap fraksi satu orang," kata Taufik.

Lebih lanjut, Taufik menjelaskan setelah Panlih terbentuk, mereka akan bersurat kepada dua kandidat Cawagub yang di dalamnya ada lima syarat yang harus dilengkapi. Salah satu syaratnya adalah tidak memiliki jabatan dalam sistem kenegaraan, seperti Ahmad Riza Patria yang saat ini merupakan anggota DPR RI.

Taufik yang merupakan politisi Partai Gerindra itu menilai bahwa sebelum voting pemilihan, Riza harus melengkapi surat pernyataan mundur dari DPR RI, namun, bukan berarti sudah mundur.

"Enggak dong, kan pengunduran diri ada proses, tapi pernyataan pengunduran diri itu bagian dari persyaratan," ucapnya.

Selain itu, ujar Taufik, para kandidat juga harus bisa memaparkan visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih 2017-2022 yakni Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

"Ini wakil Gubernur Pergantian Antar Waktu (PAW), nanti dia sampaikan bagaimana visi misi Gubernur sekarang. Kan ini wakil gubernur PAW," ucapnya.

Saat ini, partai pengusung pasangan Anies-Sandi yakni PKS dan Gerindra sepakat untuk mengajukan nama Nurmansjah Lubis dan Riza Patria untuk maju sebagai calon wakil gubernur DKI pengganti Sandiaga yang mundur karena dicalonkan sebagai wakil presiden dalam bursa Pilpres 2019 mendampingi Prabowo Subianto.[]

Berita Lainnya

Apa Pergantian Cuaca Berpengaruh pada Penyebaran COVID-19?

SOKSINEWS.COM, Pergantian cuaca dari musim panas ke musim hujan saat ini menimbulakan kekhawatiran memperparah penyebaran virus . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Anggota Komisi XI Sarmuji Sebut Tren Perekonomian Indonesia Mulai Membaik

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi XI Fraksi Partai Golkar DPR RI M. Sarmuji mengatakan, secara teknis Indonesia memang berkemungkinan . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Di Depan Sidang Umum PBB, Jokowi Ingatkan Palestina Belum Merdeka

SOKSINEWS.COM, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyampaikan pidatonya di Sidang Majelis Umum ke-75 PBB pada Rabu . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Mendagri Gandeng Sekjen Parpol Pastikan Pilkada Aman dari Covid-19

SOKSINEWS.COM, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menggandeng para Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Politik (Parpol) . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020

Golkar Kabupaten Belitung Gelar Musda ke-10 pada 27 September

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Belitung akan menggelar musyawarah daerah (Musda) X Partai . . .

Nasional Rabu, 23 September 2020