Selasa, 07 April 2020

 

 

Nasional

Wagub Sumbar Minta Masyarakat Tidak Tolak Bembangunan Tol

Abubakar
Selasa, 25 Februari 2020 15:20 WIB

Wagub Sumbar Minta Masyarakat Tidak Tolak Bembangunan Tol
Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Nasrul Abit

SOKSINEWS.COM, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Nasrul Abit meminta agar masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota tidak menolak pembangunan Tol Trans Sumatera.

"Insya Allah saat ini tidak ada penolakan, karena beberapa waktu lalu saya sudah bertemu langsung dengan beberapa perwakilan masyarakat," katanya saat berkunjung ke Payakumbuh, Selasa.(25/02/2020).

Sebab, tambahnya di daerah yang sempat melakukan penolakan tersebut pembangunan Tol Trans Sumatera akan dibuat melalui terowongan sehingga tidak akan merusak lahan masyarakat.

"Di sini kita harus melakukan mufakat, mulai dari niniak mamak, alim ulama cadiak pandai, bundo kanduang, tokoh masyarakat, perantau dan pemuda yang ada. Kita harus bersama-sama memikirkan untuk membangun daerah," jelasnya.

Masyarakat diminta untuk tidak langsung menolak ketika ada rencana pembangunan, masyarakat diimbau untuk melihat dulu kajian-kajian yang dilakukan dalam pembangunan.

"Membangun tol ini tentu tidak sembarangan juga, ada kajian dari ahli dan juga memiliki analisis untuk dampak lingkungan. Apabila merusak lingkungan tentu tidak akan kita bangun," ujarnya.

Apalagi, katanya Sumatera Barat sangat membutuhkan Tol Trans Sumatera tersebut agar tidak ketinggalan dari daerah lain yang ada di Sumatera.

"Riau, Lampung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Utara punya tol, sedangkan kita tidak punya. Jangan sampai kita ketinggalan," lanjutnya.

Ia menyebutkan banyak manfaat yang akan didapatkan oleh Sumbar apabila tol tersebut sudah diselesaikan, mulai dari wisata sampai ke perdagangan.

"Setiap Jumat bisa jadi masyarakat dari Pekanbaru datang ke Sumbar untuk berwisata, karena hanya tiga setengah jam ke Padang. Bayangkan berapa dampaknya untuk perekonomian kita," lanjutnya.

Sebelumnya, sejumlah warga di Nagari Koto Baru Simalanggang dan Taeh Baruah, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat meminta agar pembangunan jalan tol trans sumatera yang melewati wilayahnya dapat digeser ke lokasi yang tidak padat penduduk dan kawasan tidak produktif.[]

Berita Lainnya

Pengurus DPP Gabema Tapteng Sibolga Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

SOKSINEWS.COM, Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gabema Tapteng Sibolga periode 2019-2024 resmi dilantik di Jakarta, Minggu . . .

Nasional Minggu, 01 Maret 2020

Kemendes: 433 Desa Tanpa Listrik Segera Terang Benderang

SOKSINEWS.COM, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan sebanyak 433 desa yang . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020

Pemkab Kubu Raya Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

SOKSINEWS.COM, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengajak seluruh masyarakat di kabupaten itu dan Kalimantan Barat umumnya untuk bersama-sama . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020

Wagub Jabar Bentuk Santri Siaga Bencana

SOKSINEWS.COM, Wakil Gubernur Jawa Barat,  UU Ruzhanul Ulum meminta Kantor Pencarian dan Pertolongan untuk melatih dan membentuk . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020

OJK Kalteng Gencarkan Edukasi Dan Literasi Keuanagan Pada 2020

SOKSINEWS.COM, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah terus menggencarkan edukasi dan literasi kepada masyarakat . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020