Sabtu, 08 Agustus 2020

 

 

Nasional

OJK Kalteng Gencarkan Edukasi Dan Literasi Keuanagan Pada 2020

Abubakar
Jumat, 28 Februari 2020 16:03 WIB

OJK Kalteng Gencarkan Edukasi Dan Literasi Keuanagan Pada 2020
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah

SOKSINEWS.COM, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah terus menggencarkan edukasi dan literasi kepada masyarakat tentang industri keuangan serta perlindungan konsumen.

"Pada 2020 ini kami kembali melaksanakan edukasi dan literasi kepada masyarakat terkait hal itu, agar mereka memahami dengan baik tentang industri jasa keuangan," kata Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy saat dihubungi dari Palangka Raya, Jumat.(28/02/2020).

Ia menjabarkan, kegiatan itu sesuai dengan tugas dan fungsi OJK yakni melakukan pengawasan di sektor jasa keuangan, yakni perbankan, industri keuangan non bank dan pasar modal, sehingga penting meningkatkan pemahaman masyarakat pada bidang tersebut.

Hingga Februari 2020 sedikitnya sudah ada dua kegiatan yang pihaknya laksanakan, yakni di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat dan Palangka Raya. Sasarannya pun beragam, mulai dari kelompok tani, mahasiswa, pelaku usaha dan lainnya.

Bahkan untuk menguatkan pelaksanaan kegiatan itu, pihaknya turut melibatkan pelaku industri jasa keuangan legal sehingga bisa sekaligus mensosialisasikan produk-produk yang mereka miliki.

Pada 2020 ini ada sebanyak 20 lebih kegiatan edukasi dan literasi keuangan yang dilaksanakan OJK Kalteng. Namun diluar itu, pihak industri jasa keuangan di wilayah setempat juga melakukan kegiatan edukasi, guna meningkatkan pemahaman masyarakat.

"Mereka yang kami libatkan bisa langsung menjelaskan tentang berbagai macam produk yang dimiliki, sehingga dapat menjadi pilihan masyarakat guna mengatasi permasalahan keuangan yang dihadapi," katanya.

Produk-produk yang bisa ditawarkan seperti untuk memenuhi kebutuhan modal pembiayaan kerja, kredit usaha rakyat, asuransi yang tepat dan aman serta lain sebagainya.

Pada edukasi dan literasi itu, salah satunya dilakukan sosialisasi tentang investasi ilegal dan legal. Masyarakat atau dalam hal ini peserta kegiatan, juga akan dijelaskan mengenai ciri-ciri investasi ilegal.

"Yang jelas investasi legal terdaftar pada OJK dan logis. Selain itu jika ada masyarakat yang ragu maka bisa menghubungi atau membuka website OJK guna mengecek kebenarannya," kata Otto.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya juga telah melaksanakan sejumlah pertemuan dengan para pemangku kepentingan di wilayah setempat, agar bisa meningkatkan kegiatan sosialisasi tentang edukasi dan literasi keuangan.[]

OJK

Berita Lainnya

Ini Tiga Program Depidar SOKSI Bali yang Dimotori Gus Adhi

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Bali yang diketuai  AA . . .

Nasional Sabtu, 08 Agustus 2020

SOKSI Bali Luncurkan Tiga Program untuk Wujudkan Spirit Karya Kekaryaan

SOKSINEWS.COM, Mengawali bulan Agustus di tahun 2020, Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia . . .

Nasional Sabtu, 08 Agustus 2020

SOKSI Siapkan Kader Terbaik untuk Menangkan Golkar di Berbagai Kontestasi Politik

SOKSINEWS.COM, Ketua Umum Depinas SOKSI periode 2020-2025 Ahmadi Noor Supit mengatakan bahwa agenda terbesar dalam kepengurusannya . . .

Nasional Sabtu, 08 Agustus 2020

Depicab SOKSI Jambi Rekrut 1000 Relawan untuk Sosialisasi Pilkada Damai

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Cabang (Depicab) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Kota Jambi akan merekrut . . .

Nasional Kamis, 06 Agustus 2020

Kader SOKSI Diminta Aktif Kampanyekan Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan

SOKSINEWS.COM, Dalam mendukung upaya pencegahan penularan COVID-19, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta . . .

Nasional Jumat, 31 Juli 2020