Jumat, 03 April 2020

 

 

Nasional

Pemkab Kubu Raya Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

Abubakar
Jumat, 28 Februari 2020 16:13 WIB

Pemkab Kubu Raya Ajak Masyarakat Cegah Karhutla
Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo

SOKSINEWS.COM, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengajak seluruh masyarakat di kabupaten itu dan Kalimantan Barat umumnya untuk bersama-sama melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kebakaran hutan dan lahan itu merupakan permasalahan kita bersama sehingga harus ada gerakan bersama untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan, mengingat Kalbar berada di posisi ketiga rawan Karhutla tingkat nasional," kata Sujiwo di Pontianak, Jumat.(28/02/2020).

Ia juga mengatakan ketika sudah masuk ke dalam area penanggulangan berarti sudah ada area yang sudah terbakar, dan terlalu mahal yang harus ditebus akibat Karhutka itu, terutama dampaknya bisa ke sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

"Makanya ini menjadi atensi kita bersama dan Pemerintah Kabupaten Kubu Kaya justru yang paling utama dan di garda terdepan untuk mendukung gerakan-gerakan ini karena memang anggarannya ada di kami juga," katanya.

Selain itu, Sujiwo menegaskan bahwa masalah kebakaran hutan dan lahan itu, bukan hanya tugas dan tanggung jawab TNI dan Polri saja, tetapi semua pihak juga harus ikut melakukan gerakan bersama terhadap pencegahan dan penanggulangan Karhutla tersebut.

"Memang yang mendapatkan sanksi secara tegas dari pimpinan institusinya itu seakan-akan seperti TNI dan Polri, ketika ada terjadi kebakaran lahan dan hutan, tetapi dalam hal ini sebenarnya tidak hanya bekerja sendiri, melainkan harus didukung oleh semua pihak," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sujiwo berharap semua pihak untuk saling bahu-membahu, tidak cukup hanya pemerintah, TNI dan Polri saja, tetapi pihak perusahaan-perusahaan, masyarakat dan semua elemen untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla.[]

Berita Lainnya

Pengurus DPP Gabema Tapteng Sibolga Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

SOKSINEWS.COM, Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gabema Tapteng Sibolga periode 2019-2024 resmi dilantik di Jakarta, Minggu . . .

Nasional Minggu, 01 Maret 2020

Kemendes: 433 Desa Tanpa Listrik Segera Terang Benderang

SOKSINEWS.COM, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan sebanyak 433 desa yang . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020

Pemkab Kubu Raya Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

SOKSINEWS.COM, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengajak seluruh masyarakat di kabupaten itu dan Kalimantan Barat umumnya untuk bersama-sama . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020

Wagub Jabar Bentuk Santri Siaga Bencana

SOKSINEWS.COM, Wakil Gubernur Jawa Barat,  UU Ruzhanul Ulum meminta Kantor Pencarian dan Pertolongan untuk melatih dan membentuk . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020

OJK Kalteng Gencarkan Edukasi Dan Literasi Keuanagan Pada 2020

SOKSINEWS.COM, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah terus menggencarkan edukasi dan literasi kepada masyarakat . . .

Nasional Jumat, 28 Februari 2020