Sabtu, 08 Agustus 2020

 

 

Nasional

Kemendes: 433 Desa Tanpa Listrik Segera Terang Benderang

Abubakar
Jumat, 28 Februari 2020 16:17 WIB

Kemendes: 433 Desa Tanpa Listrik Segera Terang Benderang
Wakil Menteri Desa PDDT Budi Arie Setiadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta

SOKSINEWS.COM, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan sebanyak 433 desa yang selama ini belum dialiri listrik akan segera terang benderang melalui program kelistrikan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

"Kami bertekad tahun 2020 ini 433 desa tanpa listrik akan terang benderang," kata Wakil Menteri Desa PDDT Budi Arie Setiadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.(28/02/2020).

Ia menjelaskan bahwa jumlah 433 desa itu berada di empat provinsi yaitu Papua sebanyak 325 kampung, Papua Barat 102 kampung, NTT lima Desa, dan Maluku satu desa.

"Ini wujud syukur bagi perayaan 75 tahun Indonesia merdeka. Seluruh desa di Indonesia harus terbebas dari kegelapan," katanya.

Menurut dia kondisi geografis 433 daerah itu dinilai berat karena luas wilayah dan sebagian besar berada di daerah pegunungan. "Tapi tekad kami bersama hampir 15 ribu KK di 433 desa itu akan memperoleh akses listrik," katanya.

Kemendes PDTT menggelar rapat koordinasi antarlembaga untuk program kelistrikan di 433 desa yang sampai saat ini belum dialiri listrik.

Hadir dalam rapat tersebut Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT Syamsul Widodo, Deputi Menko PMK Bidang Pemberdayaan Masyarakat Soni Hari Harmadi, Dirjen PDTU Aisyah Gamawati, Wakil Dirut PLN Dharmawan Prasojo, dan perwakilan dari Kemenkeu.

Ia menyatakan pembahasan juga akan terus dipertajam mengenai desain teknologi dan kerangka pembiayaannya.

"Yang pasti negara harus hadir. Apa kita tega membiarkan saudara-saudara kita hidup tanpa listrik. Seluruh pihak bergotong royong bertekad mewujudkan Indonesia tanpa kegelapan," demikian Budi Arie Setiadi.[]

Berita Lainnya

Ini Tiga Program Depidar SOKSI Bali yang Dimotori Gus Adhi

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Bali yang diketuai  AA . . .

Nasional Sabtu, 08 Agustus 2020

SOKSI Bali Luncurkan Tiga Program untuk Wujudkan Spirit Karya Kekaryaan

SOKSINEWS.COM, Mengawali bulan Agustus di tahun 2020, Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia . . .

Nasional Sabtu, 08 Agustus 2020

SOKSI Siapkan Kader Terbaik untuk Menangkan Golkar di Berbagai Kontestasi Politik

SOKSINEWS.COM, Ketua Umum Depinas SOKSI periode 2020-2025 Ahmadi Noor Supit mengatakan bahwa agenda terbesar dalam kepengurusannya . . .

Nasional Sabtu, 08 Agustus 2020

Depicab SOKSI Jambi Rekrut 1000 Relawan untuk Sosialisasi Pilkada Damai

SOKSINEWS.COM, Dewan Pimpinan Cabang (Depicab) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Kota Jambi akan merekrut . . .

Nasional Kamis, 06 Agustus 2020

Kader SOKSI Diminta Aktif Kampanyekan Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan

SOKSINEWS.COM, Dalam mendukung upaya pencegahan penularan COVID-19, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta . . .

Nasional Jumat, 31 Juli 2020