Minggu, 20 September 2020

 

 

Nasional

Kebun Binatang Bandung Buat Opsi Rusa untuk Pakan Harimau

Fegy Eras
Sabtu, 02 Mei 2020 00:30 WIB

Kebun Binatang Bandung Buat Opsi Rusa untuk Pakan Harimau
Kebun Binatang Bandung/ragamtempatwisata.com

SOKSINEWS.COM, Biaya operasional untuk pakan satwa di Kebun Binatang Bandung terus menyusut karena lokasi wisata itu tidak dibuka selama pandemi Covid-19. Pengelola menyiapkan opsi mengorbankan rusa untuk makanan hewan jenis karnivora.

Humas Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafi’i, mengatakan setiap bulan operasional untuk pakan semua hewan menghabiskan hampir Rp 300 juta. Dilansir dari Merdeka.com, Cadangan anggaran yang dimiliki saat ini cukup untuk empat bulan ke depan.

"Kita punya dana cukup sampai bulan Juli. Kalau pandemi virus corona terus berlangsung, maka kami sudah siapkan opsi-opsi. Salah satunya mengorbankan rusa untuk macan tutul atau harimau," kata dia saat dihubungi, Jumat (1/5/2020) malam.

Kebun binatang Bandung memiliki tiga ekor macan tutul, dua ekor harimau bengala, tiga ekor singa dan dua harimau sumatera. Setiap ekor rata-rata membutuhkan 10 kg daging campuran sapi dan ayam.

Kebutuhan pakan hewan jenis karnivor diakui memang paling mahal. Sedangkan buah-buahan untuk kebutuhan pakan hewan primata dianggap lebih murah. Begitu pula untuk hewan yang memakan rumput, seperti gajah, masih bisa mengandalkan suplai dari daerah Kabupaten Sumedang.

"Biasanya mereka kan makan sekali, besoknya tidak makan. Memang seperti itu sistem makannya. Nah sekarang kita kurangin jatahnya jadi 8 Kg," kata dia.

Ia menjamin hewan yang berada di kebun binatang masih dirawat dengan baik meski statusnya ditutup sementara sejak 24 Maret lalu. Puluhan karyawan masih bekerja untuk merawat semua binatang, termasuk fasilitas penunjangnya.

"Kondisi seperti sekarang memang menguras cadangan biaya operasional. Makanya, karyawan harian ada yang dirumahkan sementara. Sekarang kami mengandalkan sekitar 64 karyawan tetap untuk bekerja di kebun binatang, membersihkan kandang atau kasih makan satwa," jelasnya.[]

Berita Lainnya

Kasus Mutilasi, DPR: Anak Muda Harus Hati-hati Jika Berkenalan via Daring

SOKSINEWS.COM, Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengimbau agar masyarakat khususnya anak muda dapat lebih berhati-hati dalam . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Kapasitas Tower 5 RSD Wisma Atlet Sudah Terisi Lebih dari 91 Persen

SOKSINEWS.COM, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyampaikan bahwa Tower 5 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta yang disiapkan . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Per 20 September, Terkonfirmasi Positif COVID-19 Bertambah 3.989 Kasus

SOKSINEWS.COM, Satgas penanganan COVID-19 menyampaikan data terkini terkait jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 per hari . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Mendikbud Didesak Jadikan Sejarah sebagai Mata Pelajaran Wajib

SOKSINEWS.COM, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim didesak menjadikan sejarah sebagai mata pelajaran . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020

Setelah Keluar Rumah Lakukan Ini untuk Cegah Klaster Keluarga

SOKSIWEWS.COM, Masyarakat diminta secara ketat menjalankan protokol kesehatan saat melakukan aktivitas di luar rumah. Hal ini . . .

Nasional Minggu, 20 September 2020