Rabu, 29 Januari 2020

 

 

Ekonomi

Program Tol Laut Dapat Turunkan 30 Persen Harga Barang di Wilayah Timur

Selvia
Kamis, 05 November 2015 11:22 WIB

Program Tol Laut Dapat Turunkan 30 Persen Harga Barang di Wilayah Timur
Program Tol Laut Kabinet Jokowi-JK
(Foto: krjogja.com)

JAKARTA, Realisasi dari tol laut ditandai dengan pemberangkatan KM Caraka Jaya III-22 dengan 41 peti kemas dari Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (04/11/2015) ke Indonesia bagian timur. KM Caraka Jaya Niaga III-32 dengan 36 peti kemas berangkat dari Tanjung Perak, Surabaya.

Kedua kapal yang diberangkatkan itu merupakan kapal-kapal angkut barang pertama dalam program tol laut yang ingin diwujudkan pemerintah. Keberangkatan kapal barang berjadwal itu menggunakan anggaran kewajiban layanan publik (PSO) pemerintah. Tujuannya, masyarakat yakin bahwa ada kapal barang yang berangkat sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Selama ini harga barang di kawasan timur selalu ditentukan oleh gelombang tinggi atau ada tidaknya kapal yang datang. Sekarang, tidak ada lagi seperti itu. Kapal barang pasti datang, ada atau tidaknya muatan," ungkap Menteri Perhubungan Ignasius Johan.

Sebagai informasi, tarif angkutan laut tujuan Biak dengan menggunakan tarif normal adalah Rp 48 juta per peti kemas.

"Dengan biaya angkutan barang yang murah, harga barang di wilayah timur bisa turun hingga 30 persen," ujar Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dikutip dari harian Kompas (05/11/2015).

"Kami berharap konsistensi tetap dijaga. Termasuk kemudahan pemilik barang mengirim barang melalui kapal ini. Prosesnya jangan sulit sehingga pemilik barang mau menggunakannya," kata Jonan.[]

Berita Lainnya

Sri Mulyani Sebut Devisit APBD 2019 RP353 Triliun

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Januari . . .

Ekonomi Selasa, 07 Januari 2020

Banjir Kembali Landa Solok Selatan, 9 Rumah Hanyut Tersapu Air

SOKSINEWS.COM, Banjir bandang kembali melanda Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 9 rumah hanyut, sejumlah jembatan ambruk . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Presdir BCA: Kepercayaan Masyarakat Berawal Dari Perusahaan Solid

SOKSINEWS.COM, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menegaskan, di tengah perkembangan teknologi . . .

Ekonomi Jumat, 13 Desember 2019

Resmikan Tol Layang Japek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang 30 Persen

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek II). Jokowi berharap kemacetan berkurang . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019

Menabung di Bank Sudah Biasa, Nih Cobain Alternatif Lainnya

SOKSINEWS.COM, Saat kita menyimpan uang, jangan berpikir bahwa dengan menyimpan uang di bank menjadi jalan kamu untuk mencapai . . .

Ekonomi Kamis, 12 Desember 2019