Sabtu, 26 September 2020

 

 

Ekonomi

Program Tol Laut Dapat Turunkan 30 Persen Harga Barang di Wilayah Timur

Selvia
Kamis, 05 November 2015 11:22 WIB

Program Tol Laut Dapat Turunkan 30 Persen Harga Barang di Wilayah Timur
Program Tol Laut Kabinet Jokowi-JK
(Foto: krjogja.com)

JAKARTA, Realisasi dari tol laut ditandai dengan pemberangkatan KM Caraka Jaya III-22 dengan 41 peti kemas dari Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (04/11/2015) ke Indonesia bagian timur. KM Caraka Jaya Niaga III-32 dengan 36 peti kemas berangkat dari Tanjung Perak, Surabaya.

Kedua kapal yang diberangkatkan itu merupakan kapal-kapal angkut barang pertama dalam program tol laut yang ingin diwujudkan pemerintah. Keberangkatan kapal barang berjadwal itu menggunakan anggaran kewajiban layanan publik (PSO) pemerintah. Tujuannya, masyarakat yakin bahwa ada kapal barang yang berangkat sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Selama ini harga barang di kawasan timur selalu ditentukan oleh gelombang tinggi atau ada tidaknya kapal yang datang. Sekarang, tidak ada lagi seperti itu. Kapal barang pasti datang, ada atau tidaknya muatan," ungkap Menteri Perhubungan Ignasius Johan.

Sebagai informasi, tarif angkutan laut tujuan Biak dengan menggunakan tarif normal adalah Rp 48 juta per peti kemas.

"Dengan biaya angkutan barang yang murah, harga barang di wilayah timur bisa turun hingga 30 persen," ujar Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dikutip dari harian Kompas (05/11/2015).

"Kami berharap konsistensi tetap dijaga. Termasuk kemudahan pemilik barang mengirim barang melalui kapal ini. Prosesnya jangan sulit sehingga pemilik barang mau menggunakannya," kata Jonan.[]

Berita Lainnya

Sore Ini, Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp14.700 per Dolar AS

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menjelang akhir bulan September masih . . .

Ekonomi Senin, 21 September 2020

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020