Minggu, 17 November 2019

 

 

Nasional Politik

PKB Usulkan Larangan Pemasangan Foto Presiden dalam Kampanye Masuk PKPU

Iwan Setiawan
Kamis, 15 September 2016 13:43 WIB

<p>PKB Usulkan Larangan Pemasangan Foto Presiden dalam Kampanye Masuk PKPU<br></p>
Diskusi RUU Pemilu yang diselenggarakan Fraksi PKB di DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

JAKARTA, Partai Golkar Menginstruksikan seluruh kadernya yang menjadi calon kepala daerah untuk menyandingkan fotonya dengan Presiden Joko Widodo dalam setiap perangkat sosialisasinya. 

Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PKB, Lukman Edy mengatakan, bahwa Preisden dan Wakil Presiden itu merupakan simbol pemersatu bangsa. 

"Maka dari itu, layak jika foto Presiden diletakkan di tempat yang terhormat, tidak dalam pertarungan lokal," kata Lukman di sela Diskusi RUU Pemilu yang diselenggarakan Fraksi PKB di DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Oleh sebab itu, kata dia,  pihaknya sudah sepakat untuk mengusulkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dalam salah satu poinnya, yakni mengatur larangan pemasangan foto presiden di dalam kampanye.

"Kita sisipkan larangan memasang foto Preisden di alat-alat peraga kampanye yang melibatkan gabungan parpol atau pasangan calon," jelas dia.

Mengenai Golkar yang memasangfoto Presiden, menurut Lukman, tidak salah karena belum masuk dalam tahapan kampanye. "Nanti begitu masuk tahapan kampanye tidak boleh lagi, akan diturunkan," tutur Lukman.

Politisi PKB ini mempersilahkan partai-partai pendukung Presiden menggunakan Foto Presiden di luar konteks pilkada.

"Kecual nanti diundang-undang penyelenggaraan pemilu mengatur hal yang sama dengan di UU pilkada. Namun kan sekarang belum dibahas," tambah dia.[]

Berita Lainnya

Tahun Depan, Pemerintah Alokasikan Rp 11 Triliun Untuk Rumah Subsidi

SOKSINEWS.COM, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk tahun 2020 telah mengalokasikan . . .

Nasional Sabtu, 16 November 2019

Kementan: Petani Milenial Harus Kuasa Teknologi 4.0

SOKSINEWS.COM, Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan para petani milenial di Indonesia harus mengikuti dan menguasai era . . .

Nasional Sabtu, 16 November 2019

Ketua MPR Tengok Cucu Ketiga Presiden Jokowi

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menengok anak kedua Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda atau cucu ketiga . . .

Nasional Sabtu, 16 November 2019

KPK Mintai Keterangan Mantan Menteri Agama Dalam Proses Penyelidikan

SOKSINEWS.COM, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat meminta keterangan mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam . . .

Nasional Jumat, 15 November 2019

PLN Kembangkan Objek Wisata Air Terjun Curup Buluh Tujuh Tingkat

SOKSINEWS.COM, PT PLN Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (WS2JB) membantu pengembangan objek wisata Air Terjun Curup . . .

Nasional Jumat, 15 November 2019