Rabu, 22 November 2017 -

 

 

DPD Gelar Sidang Paripurna Luar Biasa Bahas Pergantian Irman Gusman

Nasional  -  Rabu, 05 Oktober 2016, 16:35 WIB
Penulis. Selvia

Rapat Paripurna DPD RI

JAKARTA, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menggelar sidang paripurna luar biasa terkait pergantian pimpinan Irman Gusman sebagai Ketua DPD RI di Gedung DPD, Jakarta, Rabu (5/10).

Sidang yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD RI Farouk Mohammad, dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas ini dihadiri oleh 83 anggota DPD RI.

Farouk menjelaskan, sidang paripurna digelar dikarenakan adanya dua kubu yakni kubu yang menyetujui pergantian Irman Gusman dan kubu yang meminta DPD terlebih dahulu menunggu keputusan hukum.

"Secara moralitas pemberhentian sudah final dan sudah seharusnya diambil," ujar I Wayan Gede Pasek Suardika, anggota DPD RI.

Menurut Gede Pasek, terkait upaya hukum yang dapat memutuskan bersalah atau tidak bersalah, hal itu merupakan resiko karena status hukum Irman yang saat ini sudah dinyatakan tersangka.

Sementara, Anggota DPD RI Propinsi Sumatera Barat Emma Yohanna meminta DPD RI untuk lebih bersabar menunggu keputusan hukum. "Kita pending dulu karena beliau masih menjalani proses hukum," tegasnya.

Ia mengatakan, saat ini Irman masih memiliki kesempatan untuk mengajukan pembelaan dan praperadilan. "Sedangkan yang nyata-nyata terdakwa masih mempunyai kesempatan untuk membela. Lembaga ini tidak akan berhenti, karena ada dua orang Wakil Ketua," ucapnya.[]

DPD RI

 

 

Baca Juga