Selasa, 19 Juni 2018 -

 

 

Wajah Berjerawat, Hindari Kosmetik Jenis Ini

Hiburan  -  Jumat, 07 Oktober 2016, 11:18 WIB
Penulis. Melly Kartika Adelia

JAKARTA, Memiliki wajah bersih dan mulus tanpa jerawat pasti menjadi dambaan setiap wanita. Namun karena banyak wanita yang merasa kurang percaya diri karena jerawat, banyak yang mencoba menutupinya dengan pulasan makeup. Tetapi yang terjadi, pulasan makeup justru malah membuat wajah semakin berjerawat. Lantas makeup seperti apa yang sebaiknya dihindari untuk wajah berjerawat?


1. Bedak Padat
Makeup artist Archangela Chelsea menyarankan untuk meghindari bedak berbentuk padat, stik, serta yang teksturnya terlalu creamy. Bedak dengan tekstur seperti itu memang memiliki coverage yang lebih menutup, tetapi sayangnya dapat membuat wajah cracking atau pecah-pecah.

"Saranku tetap pakai bedak tabur, kalau bedak padat bikin wajah cracking jadi kelihatan kurang bagus makeupnya. Dan kalau pakai bedak jangan berlapis-lapis, hasilnya tidak natural," tutur wanita 23 tahun ini saat diwawancarai Wolipop, Selasa (4/10/2016).

2. Alas Bedak 'Dewy'
Pemilik wajah berjerawat dan berminyak lebih cocok menggunakan alas bedak dengan hasil matte ketimbang hasil dewy atau yang memberikan efek wajah berkilau. Dewy look biasanya mengandung pelembab yang lebih cocok digunakan untuk pemilik kulit kering. Jika memang ingin menggunakan alas bedak dengan hasil dewy, ada baiknya harus rajin membenarkan riasan agar wajah tidak terlihat berminyak.

3. D & C Pigments
Dikutip dari Skinpatico, salah satu kandungan makeup yang berpotensi untuk menimbulkan jerawat adalah pigmen dalam lip tint berwarna merah yang digunakan sebagai blush on. Beberapa D & C (Drug & Cosmetic) berwarna merah disebut sebagai bahan comedogenic yang merupakan turunan dari coal tar.

4. Kosmetik yang Mengandung Alkohol
Dr. James E. Fulton, dermatologis asal Amerika Serikat sekaligus penulis buku Acne Rx: What Acne Really Is And How To Eliminate Its Devastating Effects mengatakan, hindari kosmetik yang mengadung alkohol dan fragrance atau wewangian. Makeup mengandung alkohol dan fragrance dapat memicu reaksi yang memperparah jerawat serta kulit berminyak.

5. Kosmetik yang Mengandung Minyak
Hindari pula kosmetik dengan bahan-bahan yang dapat membuat wajah terasa berminyak saat dipakai. Misalnya, kandungan sepetri cocoa butter dan mineral oil. Kandungan tersebut dapat memproduksi jerawat lebih banyak.[]

Kosmetik

 

 

Baca Juga