Jumat, 14 Desember 2018 -

 

 

Ini Tips Liburan bagi Lansia

Hiburan  -  Rabu, 12 Oktober 2016, 15:13 WIB
Penulis. Iwan Setiawan

Ilustrasi

JAKARTA, Kesehatan adalah masalah terbesar para lansia yang menjadi alasan untuk tidak berlibur. Untuk itu, penting bagi para lansia untuk memahami kondisi kesehatan dirinya.

Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan bagi para lansia saat berlibur:

1. Periksa kondisi ‎kesehatan setidaknya setiap pagi dalam perjalan liburan. Hal ini penting agar bisa merancang kegiatan sepanjang hari. Bila merasa tak sehat, segera konsultasi ke dokter. Bila mampu tak ada salahnya membawa serta perawat khusus.

2. Jangan melakukan kegiatan yang padat agar badan tidak terlalu lelah. Satu hari cukup dua tempat atau dua atraksi. Pilihlah atraksi yang tidak menyita banyak tenaga dan memacu adrenalin. Penting adalah melakukan kegiatan yang menyenangkan hati dan tidak dipaksakan.

3. Jangan melakukan perjalanan jauh. Carilah destinasi yang jaraknya dekat. Idealnya bagi lansia perjalanan maksimal adalah 12 jam.

4. Carilah tempat penginapan, transportasi, dan atraksi yang ramah lansia. Misal: tangganya tidak tinggi, jaminan makanannya yang bersih dan sehat, cuaca tidak ekstrem, dan lain sebagainya.

5. Terakhir, jika pergi bersama grup, hindari grup besar. Satu grup maksimal 20 orang. Grup kecil akan mempermudah koordinasi dan ‎komunikasi. Grup kecil juga mempermudah penanganan bila terjadi sesuatu kecelakaan atau sakit tertentu.[]


Liburan Lansia

 

 

Baca Juga