Selasa, 19 Juni 2018 -

 

 

Hujan Meteor Orionid Malam Ini Bisa Disaksikan Seluruh Rakyat Indonesia

Hiburan  -  Jumat, 21 Oktober 2016, 16:11 WIB
Penulis. Selvia

(Ilustrasi: Cnnindonesia.com)

JAKARTA, Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) mengungkapkan, hujan meteor Orionid yang berlangsung malam ini dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hujan meteor ini, biasa terjadi selama Oktober hingga awal November setiap tahun.

"Tadi malam bulan sangat dekat dengan Orion. Dini hari nanti malam (22/10) Indonesia pun berpeluang teramati. Semua daerah Indonesia bisa melihat," ujar Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, Jumat (21/10).

Namun, ia memaparkan tiga syarat agar masyarakat bisa menikmati hujan meteor Orionid dengan mata telanjang. Pertama, cuaca harus cerah. Kedua, tak banyak polusi cahaya. Lalu terakhir, medan pandang tidak terhalang.

"Gangguan cahaya Bulan masih ada yang akan mengurangi jumlah meteor yang tampak," imbuh Thomas.

Tim peneliti di Amerika Serikat memprediksi, Bulan malam ini juga akan berada di fase di mana setengah wujudnya terkena cahaya Matahari sehingga membuat langit lebih terang yang disebut waning gibbous moon. Yakni, ketika lebih dari setengah permukaan Bulan terkena sinar Matahari karena pergerakan Bumi beriringan dengan orbit Matahari.

Selain itu, fase Bulan tersebut bisa membuat meteor Orionid akan sulit diamati dari Bumi, karena langit mayoritas kemungkinan akan diterangi oleh Bulan. Terlebih meteor Orionid biasanya memang agak redup, sehingga untuk memantaunya perlu lokasi yang jauh dari perkotaan.

Meteor Orionid merupakan meteor yang terbentuk dari kumpulan debu dan batu-batu Komet Halley. Oleh karena itu, meteor ini seringkali disebut sebagai 'warisan' Komet Halley.[]

Meteor

 

 

Baca Juga