Senin, 24 September 2018 -

 

 

Kementan Sediakan Lahan Untuk Ditanam Bawang Merah dan Pesawahan

Ekonomi  -  Sabtu, 22 Oktober 2016, 17:08 WIB
Penulis. Selvia

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman (Foto: http://beritadaerah.co.id/)

KALIMANTAN, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menyediakan lahan sebesar 100 hektar untuk ditanami bawang merah di wilayah Landak, Kalimantan Barat (Kalbar) dan juga bantuan 5000 hektar lahan untuk digunakan sebagai lahan sawah.

"Kita hitung 1 hektar bisa dapat 600 juta. Ini luar biasa dengan harga saat ini di Kalbar, biaya (modal) Rp 200 juta. Ada untung Rp 400 juta, itu per bulan 200 juta. Itu jauh dari gaji menteri sehingga kami minta pak Kadis ini di tambah 100 hektar," kata Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.

Amran menjelaskan, melalui pemberian bantuan sejumlah lahan tersebut bertujuan untuk menyasar negara tetangga sebagai pangsa pasar Indonesia.

"Malaysia impor 1 juta ton dari Pakistan, Laos Myanmar. Kalau kita yang ekspor ke Malaysia bila perlu ini kita tanam di perbatasan, tinggal melangkah sebelahnya untuk ekspor. Ini kita hanya jalan kaki tinggal di lempar sudah ekspor," kata Amran, dikutip Detik.com (22/10).

"Kalau ini dikembangkan terus ini kami tambah lagi. Kami ingin Kalbar itu sudah mandiri pangan. Harga bawang ini Rp 40.000 jadi inflasinya tinggi kalau sudah dipenuhi bahkan kita bisa mengarah persiapan di Entikong untuk ditanam di perbatasan, ada peluang itu kalau mau bersaing dengan Vietnam, Laos karena tinggal lempar saja sudah ekspor," paparnya dengan antusias.[]


Kementan Pertanian

 

 

Baca Juga