Rabu, 24 Oktober 2018 -

 

 

Ali Hasan: Saya Sudah Membuat Pondasi, Kini Tinggal Melanjutkan

Wawancara  -  Selasa, 01 Desember 2015, 09:27 WIB
Penulis. Sunardi Panjaitan

Ali Hasan - Wakil Ketua DEPINAS SOKSI

BANDUNG, Ali Hasan bisa dikatakan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) SOKSI terlama di Indonesia. Memimpin SOKSI sejak tahun 1997 menggantikan Lili Asdjudiredja, Ali Hasan tercatat sudah 18 tahun memimpin SOKSI Jawa Barat.

Menahkodai SOKSI Jawa Barat selama 18 tahun, Ali Hasan dianggap berhasil membangun dan mengembangkan SOKSI di Jawa Barat. Kini, SOKSI di Jawa Barat sudah berhasil dibentuk di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat yang berjumlah 27 kabupaten/kota. Tidak berhenti sampai di tingkat kabupaten/kota, SOKSI bahkan bisa dibentuk hingga ketingkat kelurahan.

Tidak salah jika Sekretaris DPD Partai Golkar, MQ Iswara menyebut jika SOKSI merupakan organisasi yang paling berkontribusi bagi Golkar Jawa Barat.

Kini, setelah 18 tahun memimpin SOKSI Jawa Barat, Ali Hasan secara resmi menyerahkan estafet kepemimpinan SOKSI Jawa Barat kepada Yod Mintaraga lewat musyawarah daerah (musda) X SOKSI Jawa Barat yang digelar di Convention Hall Hotel Grand Pasundan Bandung, Sabtu-Minggu (28-29/11/2015).

Lalu, apa harapan Ali Hasan terhadap kepengurusan SOKSI Jawa Barat yang baru ini. Berikut petikan wawancara reporter Soksinews.com, Sunardi Panjaitan, Iwan Setiawan dan Zainal dengan Ali Hasan usai pemilihan Ketua Depidar SOKSI Jawa Barat.

Setelah tidak lagi menjabat sebagai Ketua Depidar SOKSI Jawa Barat, apa yang akan anda lakukan?

Saya akan tetap membantu SOKSI Jawa Barat. Saat ini saya diberi amanah yang lebih besar yaitu menjadi Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI. Ini tentu pekerjaan yang tidak mudah karena mengurus SOKSI di seluruh Indonesia. Tapi, saya tidak akan melupakan SOKSI Jawa Barat. Meski saya di Jakarta, hati saya tetap di Jawa Barat.

Bagaimana perkembangan SOKSI saat ini di Jawa Barat?

SOKSI di Jawa Barat setiap tahun terus mengalami peningkatan. Saat ini, SOKSI di Jawa Barat merupakan basis terbesar SOKSI di seluruh Indonesia.

Saat pertama kali memimpi SOKSI Jawa Barat, kondisinya seperti apa?

Pada saat pertama saya memimpin SOKSI di Jawa Barat, SOKSI baru terbentuk di lima kabupaten/kota. Saat ini, SOKSI sudah terbentuk di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat yang berjumlah 27 kabupaten/kota. Tidak hanya itu, SOKSI sudah berhasil dibentuk hingga ketingkat kecamatan. Bahkan di beberapa kabupaten/kota, SOKSI sudah berhasil dibentuk hingga ketingkat kelurahan. Ini perkembangan yang luar biasa.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh kepengurusan SOKSI yang akan datang?

Tugas utama yang harus segera dituntaskan oleh kepengurusan SOKSI Jawa Barat kedepan adalah melakukan konsolidasi hingga ketingkat kelurahan. SOKSI saat ini sudah ada ditingkat kelurahan meski belum merata di seluruh Jawa Barat. Ini tugas berat bagi ketua SOKSI berikutnya. Dalam 1-2 tahun ini, konsolidasi tersebut harus bisa diselesaikan.

Bagaimana anda melihat komposisi kepengurusan SOKSI yang baru ini?

Saya mengenal betul sosok Yod Mintaraga yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Depidar SOKSI Jawa Barat lima tahun kedepan. Beliau sudah mendampingi saya selama 18 tahun memimpin SOKSI di Jawa Barat. Saya percaya beliau akan mampu membawa SOKSI Jawa Barat lebih baik lagi. Saya juga melihat komposisi kepengurusan yang baru terbentuk jauh lebih bagus dibanding kepengurusan sebelumnya. Didalamnya banyak bergabung kaum profesional dan anak-anak muda. Ini saya kira cukup bagus bagi SOKSI kedepan.

Harapan anda terhadap kepengurusan SOKSI Jawa Barat yang baru?

Sebagai mantan ketua Depidar SOKSI Jawa Barat, saya berharap bahwa SOKSI Jawa Barat ke depan dapat semakin berkembang dibandingkan apa yang saya lakukan selama 18 tahun ini. Saya sudah meletakkan sebuah pondasi yang kuat. Sekarang tinggal dijaga, dipelihara dan ditingkatkan oleh kepengurusan yang baru. SOKSI Jawa Barat harus lebih bagus lagi.[]

MusdaXSoksiJabar

 

 

Baca Juga