Rabu, 25 April 2018 -

 

 

Yod Mintagara: Kader SOKSI Harus Berkualitas dan Ideologis

Wawancara  -  Selasa, 01 Desember 2015, 09:28 WIB
Penulis. Sunardi Panjaitan

Yod Mintagara - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) SOKSI Jawa Barat periode 2015-2020

BANDUNG, Yod Mintagara secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) SOKSI Jawa Barat periode 2015-2020 dalam musyawarah daerah (musda) X SOKSI Jawa Barat yang berlangsung di Convention Hall Hotel Grand Pasundan, Bandung, Sabtu (28/11/2015) dini hari. Tidak ada perdebatan panjang saat proses pemilihan, karena Yod merupakan satu-satu kandidat dalam musda tersebut.

Yod yang kini juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Jawa Barat, sebelumnya merupakan Sekretaris Depidar SOKSI Jawa Barat dibawah kepemimpinan Ali Hasan. Selama 18 tahun, dia bersama Ali Hasan membangun dan mengembangkan SOKSI di Jawa Barat. Kini, dia akan melanjutkan perjuangan tersebut mengingat Ali Hasan sudah ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI.

Apa langkah-langkah yang akan dilakukan Yod Mintagara untuk membuat SOKSI Jawa Barat lebih maju dan berkembang. Berikut petikan wawancara repoter Soksinews.com, Sunardi Panjaitan, Iwan Setiawan dan Zainal dengan Yod Mintagara usai dilantik sebagai Ketua Depidar SOKSI Jawa Barat.

Bagaimana tanggapan bapak dipilih sebagai Ketua Depidar SOKSI Jawa Barat yang baru?

Pertama, saya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan kader SOKSI Jawa Barat kepada saya untuk memimpin SOKSI Jawa Barat. Tentu ini bukan pekerjaan mudah. Kedua, Saya mohon dukungan kepada seluruh kader SOKSI dan para senior SOKSI di Jawa Barat. Saya mohon doa restu. Insyaallah, saya tidak akan mengecewakan SOKSI.

Anda sudah bersama Bapak Ali Hasan memimpin SOKSI Jawa Barat selama 18 tahun. Bagaimana anda menilai sosok Ali Hasan?

Saya sudah mengenal sosok Pak Ali Hasan selama 32 tahun. Dan dalam 18 tahun terakhir, saya mendampingi beliau memimpin SOKSI Jawa Barat. Selama 18 tahun itu, kami tidak pernah pecah kongsi. Banyak hal yang sudah dilakukan oleh Pak Ali Hasan terhadap SOKSI di Jawa Barat. Saya menyampaikan banyak terimakasih kepada beliau dan juga senior-senior SOKSI yang lain yang telah mendidik saya untuk menjadi seorang kader SOKSI.

Lalu, apa langkah pertama yang akan anda lakukan terhadap SOKSI di Jawa Barat?

Pertama, kita akan melakukan konsolidasi ke seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat. Karena memang ada beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat yang kepengurusannya akan habis pada tahun 2016 ini.  Kedua, kita ingin memperkuat kualitas kader SOKSI di Jawa Barat. Kita akan membangun kader SOKSI yang memiliki kualitas dan ideologi. SOKSI ini merupakan organisasi  masyarakat yang memiliki sejarah yang kuat. SOKSI merupakan salah satu organisasi yang mendirikan Partai Golkar. Dan SOKSI menjadi pilar utama untuk menghancurkan paham komunisme di Indonesia. Oleh karena itu, kader SOKSI harus paham tentang sejarah SOKSI. Kader SOKSI harus memahami tentang doktrin karyawanisme. Untuk itu kita memiliki program pelatihan dan pendidikan kader bangsa (P2KB). Ini program kedua SOKSI Jawa barat.

Terkait dengan program kesejahteraan masyarakat?

Negara ini akan kuat manakala masyarakatnya sejahtera. Apapun model pemerintahannya jika masyarakatnya tidak sejahtera akan terjadi instabilitas. Tapi jika kesejahteraannya meningkat maka apapun model pemerintahannya, akan damai-damai saja. Oleh sebab itu, SOKSI Jawa Barat akan mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. SOKSI Jawa Barat juga sudah merumuskan program-program yang pro rakyat. Kita akan bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Bagaimana sikap politik SOKSI di pilkada serentak?

Kita mendukung semua calon yang diusul dan didukung oleh Partai Golkar. Ada 8 Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang akan menggelar pilkada. Mudah-mudahan dalam pilkada nanti kita bisa memenangkan perhelatan pilkada tersebut, paling tidak 50% kita memperoleh  kemenangan.

Tentang konflik internal Partai Golkar, apa harapan SOKSI Jawa Barat?

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum SOKSI Bapak Ade Komarudin, kita tunggu setelah pilkada serentak ini. Walaupun sepenuhnya kita sudah tahu karena sudah ada keputusan dari Mahkamah Agung. Di Jawa Barat itu sesungguhnya tidak terlalu berpengaruh. Perbedaan pendapat ada, tapi masih tetap kondusif. Yang jelas bagi SOKSI di Jawa Barat, tentu kita akan mendukung pada Partai Golkar yang legitimate. Tapi apapun itu, bagi kami lebih baik kita bersatu dibanding berseteru. Kan bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.[]

MusdaXSoksiJabar

 

 

Baca Juga