Minggu, 18 Agustus 2019 -

 

 

Kadin Harapkan Tax Amnesty Mampu Mendorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur Nasional

Ekonomi  -  Kamis, 17 November 2016, 11:37 WIB
Penulis. Melly Kartika

Rapat Kerja Nasional Kadin Bidang Kontruksi dan Infrastruktur (Foto: Melly Kartika)

JAKARTA, Program Tax Amnesty diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan infrastruktur nasional. Tax Amnesty juga diharapkan mampu memberi nilai tambah ekonomi dan mendorong tumbuhnya perusahaan nasional yang mendukung perkembangan infrastruktur.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa pada pembukaan Rapat Kerja Nasional Kadin di Hotel Bidakara, Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (17/11).

"Pembangunan berbagai program infrastruktur yang ada, kita harapkan dapat memberikan nilai tambah ekonomi serta mengedepankan local content dan memprioritaskan SDM dalam negeri," kata Erwin.

"Sehingga dapat mendorong tumbuhnya perusahaan nasional yang berkompeten di bidangnya untuk mampu melaksanakan proyek infrastruktur dengan dukungan skema pembiayaan yang memadai," jelasnya.

Menurutnya, dengan tersedianya infrastruktur, pusat-pusat ekonomi baru pasti bermunculan, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan mengurangi ketimpangan antarwilayah.

Lebih lanjut Erwin memaparkan, bahwa Kadin mengapresiasi pemerintah yang telah melakukan terobosan dengan mengeluarkan aturan tentang tax amnesty.

Hal ini diyakinkan dapat dijadikan upaya peningkatan pajak yang digunakan untuk menutupi defisit fiskal yang mencapai 2,35% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Dengan perkiraan pemerintah bahwa potensi dana yang masuk ke kas negara sebesar Rp.165 triliun, maka APBN dapat menjadi lebih sustainable," ujar Erwin.[]

Tax Amnesty Infrastruktur

 

 

Baca Juga