Rabu, 22 November 2017 -

 

 

Kinerja Legislasi DPR RI Di Bawah Kepemimpinan Ade Komarudin

Infografis  -  Rabu, 30 November 2016, 11:12 WIB
Penulis.

Infografis Kinerja Legislasi DPR RI Di Bawah Kepemimpinan Ade Komarudin

Sejak terpilih menjadi Ketua DPR pada 11 Januari 2016, Ade Komarudin sudah berkomitmen untuk memperbaiki citra DPR. Salah satu yang ia lakukan dalam upaya perbaikan ini adalah dengan terus menggenjot kinerja legislasi para anggota dewan serta menjalankan fungsi pengawasan dan evaluasi kerja mereka.

Alhamdulillah, selama 11 bulan masa jabatan Akom tersebut, DPR telah berhasil merampungkan sebanyak 18 Undang-undang. Selain itu, juga masih ada 13 undang-undang yang masih dalam pembahasan. Seluruh rangkaian laporan kinerja legislasi Ade Komarudin terpampang dalam data infografis berikut.

Fokus Akom adalah mendorong agar kinerja legislasi DPR RI dalam pembuatan undang-undang yang bermanfaat serta berpihak pada rakyat. Misalnya pada UU No. 7 tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam. Undang-undang ini dianggap penting dan membantu. Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negeri maritim yang potensi kehidupan dari perairannya sangat tinggi. 

Selain itu, Akom juga mendorong percepatan pengesahan UU No.8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Sebab, perlakuan diskriminatif terhadap penyandang disabilitas masih terus terjadi, untuk itu ia menganggap perlu secepatnya undang-undang ini disahkan, untuk terus dapat melindungi mereka.

Serta, dalam upaya menjamin pemenuhan kebutuhan warga negara atas tempat tinggal yang layak dan terjangkau, Akom dengan tegas mendukung DPR RI untuk pengesahan UU No. 4 tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat. Dengan adanya undang-undang ini, diharapkan seluruh rakyat Indonesia dapat mempunyai rumah layak huni dari yang selama ini tidak menikmati akses KPR.

 

Infografis Lainnya