Golkar Ingin Kenaikan Tarif CHT Diiringi dengan Pengawasan Ketat

Nasional - Senin, 29 April 2024 11:02 WIB


Anggota DPR RI Fraksi Golkar Mukhamad Misbakhun

Istimewa


SOKSINEWS.COM - Anggota DPR RI Fraksi Golkar Mukhamad Misbakhun menegaskan, kenaikan tarif CHT harus diiringi dengan pengawasan ketat. Terlebih, kenaikan cukai berdampak pada peningkatan peredaran rokok ilegal dan keberlangsungan Industri Hasil Tembakau (IHT).

"Hal ini terbukti melalui penurunan jumlah pabrikan rokok, terutama Golongan 1 karena Golongan 1 memiliki tingkat sensitivitas terbesar apabila terjadi perubahan harga," kata Misbakhun dikutip SOKSINEWS.COM dari akun Instagram @mmisbakhun, Senin (29/4/2024).

Sekjen DEPINAS SOKSI ini menekankan, pemerintah perlu mempertimbangkan berbagai sisi di industri yang terlibat dalam menentukan kebijakan cukai di Indonesia. Yaitu, dengan melakukan 'rembuk bersama' semua pemangku kepentingan secara berkesinambungan.

"Kenaikan harga rokok bukan langkah efektif untuk mengendalikan konsumsi rokok. Dampak kenaikan harga rokok terhadap peningkatan peredaran rokok ilegal dan penurunan pabrik rokok lebih besar dibandingkan dengan penurunan angka prevalensi merokok," tegas Misbakhun.

Oleh karenanya, anggota Komis XI DPR ini mengimbau, pemerintah perlu meninjau ulang kenaikan cukai rokok.

"Lalu, menahan meningkatnya harga rokok untuk menjaga keseimbangan pilar lain yang terlibat dalam IHT," tutup Misbakhun.[]



Editor: Melly Kartika Adelia

Penulis: Dayat

TERKAIT

Write a Comment