Misbakhun Sebut Kenaikan Tarif CHT jadi 'Biang Kerok' Munculnya Rokok Ilegal

Nasional - Senin, 29 April 2024 10:39 WIB


Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Mukhamad Misbakbun

Istimewa


SOKSINEWS.COM - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Mukhamad Misbakbun menilai, penerapan kenaikan tarif Cukai Hasil Tembakau (CHT) yang terlalu tinggi setiap tahunya memicu berbagai polemik baru. Salah satunya adalah perpindahan konsumsi ke rokok murah hingga rokok ilegal.

"Penyebab menjamurnya rokok ilegal tidak lepas dari pengaruh kenaikan harga rokok akibat dorongan tarif cukai yang kenaikannya jauh lebih tinggi. Dari angka inflasi nasional serta pendapatan konsumen," kata Misbakhun dikutip SOKSINEWS.COM dari akun Instagram @mmisbakhun, Senin (29/4/2024).

Sekjen DEPINAS SOKSI ini mengungkapkan, kondisi ini pada akhirnya berimbas pada daya beli masyarakat. Sehingga rokok ilegal semakin menjamur dan akhirnya menurunkan produksi rokok.

"Peningkatan tarif cukai tidak serta merta menurunkan minat merokok masyarakat. Karena justru konsumen cenderung mencari produk yang harganya memenuhi kemampuan membelinya," ucapnya.

Oleh sebab itu, anggota Komisi XI DPR ini menegaskan, setiap kenaikan tarif cukai perlu diiringi dengan peningkatan pengawasan ketat terhadap sejumlah perusahaan rokok ilegal.

"Di sisi lain, penurunan volume produksi rokok karena merebaknya rokok ilegal tentu merugikan negara," tutup Misbakhun.[]



Editor: Melly Kartika Adelia

Penulis: Dayat

TERKAIT

Write a Comment