Kamis, 22 Oktober 2020

 

 

Nasional

Kapolri: Kekuatan Islam Akan Jadi Penyeimbang Dunia

Wahyuddin Yusuf
Rabu, 08 Maret 2017 15:23 WIB

<p><h2>Kapolri: Kekuatan Islam Akan Jadi Penyeimbang Dunia </h2><br></p>
Kapolri Jendral Tito Karnavian (Foto: Harian Indo)

BANDUNG, Kapolri Jendral Tito Karnavian mengatakan jika kekuatan negara Islam di seluruh dunia bersatu maka akan mampu menjadi penyeimbang dua kekuatan besar yang saat ini didominasi Amerika dan China.

"Amerika dengan adidayanya dan China dengan kekuatan ekonominya. Maka jika kekuatan negara Islam bersatu maka dominasi menjadi tripolar (tiga kekuatan besar)," kata Tito usai menyampaikan kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB) Kota Bandung, Rabu (8/3).

Tito menuturkan, saat ini Amerika dan China terus mendominasi peta kekuatan dunia, bahkan sebagian pengaruhnya sudah masuk dalam agenda kebudayaan masyarakat Indonesia.

"Sekarang kita lihat, anak kecil mungkin tidak ada yang tahu Gundala Putra Petir, namun apabila Batman mereka pasti tahu. Itu salah satu contoh hegemoni budaya Amerika lewat Hollywood-nya," kata dia.

Tito menuturkan pascaruntuhnya Soviet, China muncul sebagai kekuatan baru ekonomi dunia, dan Amerika kini tak bisa bergerak secara leluasa dalam otoritasnya.

Menurut Tito kesempatan ini mesti dimaksimalkan oleh negara-negara Islam sebagai kekuatan penyeimbang. Apalagi Indonesia memiliki peran penting dalam persatuan negara Islam dunia.

"Dengan persatuan dan kebersamaan dunia Islam. Ini sebagai super power dan menjadi kekuatan penyeimbang baru," ujar dia.[]


Sumber: Antara


Berita Lainnya

Cakada Kader Golkar Harus Mampu Jadi Panutan dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

SOKSINEWS.COM, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto berharap kader-kader yang mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) . . .

Nasional Kamis, 22 Oktober 2020

Ketum Golkar Apresiasi Kadernya yang Perjuangkan UU Cipta Kerja di DPR

SOKSINEWS.COM,  Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengapresiasi kinerja Fraksi Golkar di DPR yang dianggap sukses . . .

Nasional Kamis, 22 Oktober 2020

Polisi Belum Juga Tetapkan Tersangka Kebakaran Gedung Kejagung

SOKSINEWS.COM, Tim penyidik gabungan Bareskrim belum juga menetapkan tersangka kasus kebakaran gedung utama Kejaksaan Agung (Kejagung). . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Airlangga Hartarto: Golkar Telah Teruji Banyak Berkontribusi untuk Negara

SOKSINEWS.COM, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, sebagai partai paling senior di Tanah Air, Golkar harus . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Maman Pastikan Revisi UU Minerba Sesuai Prosedur dan Transparan

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi VII DPR RI Maman Abdurrahman menyatakan pembentukan revisi Undang-Undang Mineral dan Batubara (UU . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020