Sabtu, 24 Oktober 2020

 

 

Nasional

Menteri Luhut Sebut Tol Laut Tekan Disparitas 25 Persen

Andri S
Kamis, 04 Mei 2017 14:13 WIB

<p><h2>Menteri Luhut
Sebut Tol Laut Tekan Disparitas 25 Persen </h2><br></p>
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan Optimis Membangun Tol Laut (Foto: Sumbawanews)

JAKARTA, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut program tol laut telah berhasil menekan disparitas harga di Indonesia bagian timur sekitar 20 hingga 25 persen.


"Tol laut ini banyak dipertanyakan. Kami sudah bangun 30 titik logistik di timur dan barat untuk membuat 'gap' (kesenjangan) tidak terlalu besar. Harga di Indonesia timur kami ambil 'sampling' 20-25 persen harga sudah turun," katanya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kemaritiman 2017 di Sasana Kriya, Jakarta Timur, Kamis (4/5).

Luhut menuturkan banyak pihak mempertanyakan program tol laut yang bertujuan untuk menekan disparitas harga komoditas di kawasan timur Indonesia.

Ia menyebut program tersebut tidak bisa terwujud dalam semalam.

"Targetnya sebanyak mungkin bisa turun kalau bisa 50 persen dalam satu dua tahun ke depan," katanya.

Luhut menyebut salah satu cara mencapai target adalah dengan meningkatkan rute dan trayek kapal serta menggunakan kapal besar yang bisa berlabuh agar bisa meningkatkan kapasitas bongkar muat.

"Kapal-kapal itu berjalannya lebih rutin, lancar, kapal yang besar juga bisa berlabuh di beberapa tempat untuk bongkar logistiknya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo mengatakan capaian penurunan disparitas harga hingga 25 persen karena beroperasinya tol laut sudah cukup tinggi.

Ia meyakini jika rute dan trayek tol laut semakin banyak, maka penurunan harga akan semakin baik lagi, terutama di kawasan timur Indonesia.

"Terutama di Indonesia bagian timur sudah dirasakan masyarakat turunnya harga 20-25 persen. Itu penurunan yang cukup tinggi. Tetapi nantinya apabila rute dan trayek semakin banyak, kita meyakini turunnya harga akan semakin lebih baik lagi," kata Presiden.

Rakornas Bidang Kemaritiman 2017 dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, anggota DPR/DPD, gubernur, walikota dan bupati seluruh Indonesia.[]

Sumber: Antara

Berita Lainnya

Barcelona vs Real Madrid: Misi Mustahil Los Blancos Bisa Perbaiki Reputasi

SOKSINEWS.COM, Duel klasik Barcelona dan Real Madrid jilid pertama di pekan lanjutan La Liga Spanyol bakal tersaji, di Stadion . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

Sapa Konstituen, Anggota DPR RI Bahas UU Omnibus Law

SOKSINEWS.COM, Anggota DPR RI Supriansa menemui konstituennya di beberapa Desa di Kabupaten Soppeng dalam kegiatan resesnya. Supriansa . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

DPR Dukung Rencana Batasi Akses Menuju Puncak saat Long Weekend

SOKSINEWS.COM, Wakil Ketua Komisi V DPR Ridwan Bae mengomentari rencana Pemprov Jabar menutup jalur menuju kawasan Puncak, Bogor, . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

Ingat! Ini 10 Waktu Mustajab untuk Memanjatkan Doa

SOKSINEWS.COM, Umat Islam diminta oleh agamanya untuk selalu berdoa kepada Allah SWT dalam keadaan apapun. Doa memiliki urgensi . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

WhatsApp Mulai Uji Coba Fitur "Join Missed Calls"

SOKSINEWS.COM, WhatsApp sedang menguji coba fitur "Join Missed Calls" atau gabung ke panggilan tak terjawab. Uji coba . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020