Selasa, 20 Oktober 2020

 

 

Nasional Daerah

Zulkifli Hasan Minta KAHMI Jadi Pelopor Persatuan

Ahmad Fiqi Purba
Jumat, 17 November 2017 15:40 WIB

Zulkifli Hasan Minta KAHMI Jadi Pelopor Persatuan
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan. (antaranews.com)

SOKSINEWS.COM, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan meminta Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam mampu menjadi pelopor persatuan dan kesatuan bangsa yang kini mengalami masalah serius.

“Ada dua fenomena negatif yang belakangan ini banyak berkembang yakni kesalahpahaman dan ketidakpercayaan (distrust),” kata Zulkifli Hasan ketika menjadi pembicara kunci (keynote speaker) dalam Munas Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ke-10 di Medan, Jumat (17/11)

Kesalahpahaman yang muncul tersebut sangat disayangkan karena dapat berujung pada terancamnya ketahanan nasional yang sangat dibutuhkan bangsa Indonesia.

Irosnisnya, faktor yang objek kesalahpahaman tersebut sering dinilai tidak terlalu penting, namun dapat menimbulkan masalah yang serius.

Kemudian, indikasi adanya ketidakpercayaan tersebut dapat dilihat dari fenomena saling melapor dan saling menghujat yang dilakukan masyarakat.

Fenomena saling salah paham dan ketidakpercayaan tersebut semakin meluas, termasuk ketika terkait kontestasi pilkada dengan membuat pengelompokan diantara masyarakat.

"Ada yang mengaku toleran dan dicap intoleran, asa juga mengaku penjaga Pancasila dan ditudih anti-Pancasila," katanya.

Fenomena itu, kata Zulkifli Hasan, menjadi tantangan bagi Kahmi agar menjadi pelopor untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

"KAHMI harus menjadi pelopor untuk menjahit merah putih sempat terkoyak itu," kata Zulkifli Hasan.

Selaku pimpinan lembaga negara, Zulkifli Hasan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk merefleksi kembali komitmen pendahulu bangsa yang sepakat menganggap perbedaan itu menjadi kekuatan bangsa Indonesia.

"Jangan jadikan Pancasila sebagai alat pecah belah, karena Pancasila itu justru merupakan alat pemersatu," kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.[]

Sumber: Antara

Berita Lainnya

Antisipasi La Nina, BNPB Tekankan Pentingnya Mitigasi Non Struktural

SOKSINEWS.COM, Sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi terjadi peningkatan curah hujan akibat fenomena La Nina yang terjadi . . .

Nasional Selasa, 20 Oktober 2020

Anggota Komisi VII DPR Prioritaskan Pemasangan Jargas di 17 Daerah

SOKSINEWS.COM, Komisi VII DPR RI menghadiri dalam pembukaan sosialisasi tugas dan fungsi serta capaian kinerja Badan Pengatur . . .

Nasional Selasa, 20 Oktober 2020

Golkar Jabar Bantu Korban Banjir Bandang Wilayah Garut Selatan

SOKSINEWS.COM, DPD Partai Golkar Jawa Barat mengerahkan kader partai serta seluruh pengurus DPD Golkar Garut untuk melihat secara . . .

Nasional Selasa, 20 Oktober 2020

Lembaga Pengelola Investasi Bakal Beroperasi Januari 2021

SOKSINEWS.COM, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund . . .

Nasional Selasa, 20 Oktober 2020

Penyelenggara Pemilu Beberkan 12 Hal Baru di TPS Saat Nyoblos Nanti

SOKSINEWS.COM, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengungkapkan bakal ada 12 hal baru di TPS saat pencoblosan . . .

Nasional Selasa, 20 Oktober 2020