Selasa, 27 Oktober 2020

 

 

Ekonomi Korporasi

Menaker Tegaskan Moratorium Pengiriman TKI Tetap Berlaku

Ahmad Fiqi Purba
Jumat, 02 November 2018 16:09 WIB

Menaker Tegaskan Moratorium Pengiriman TKI Tetap Berlaku
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri (tengah) mengunjungi workshop otomotif Balai Latihan Kerja (BLK) di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (17/10/2018). Kemenaker menyerahkan 1.040 sertifikat kompetensi kepada lulusan siswa BLK. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang/aww.

SOKSINEWS.COM, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menegaskan moratorium pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri tetap berlaku sampai saat ini.

"Siapa yang bilang mau buka? Menaker sampai hari ini tetap moratorium. Nggak ada," kata Hanif Dhakiri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/11).

Ia membantah dengan keras jika ada pihak yang menyatakan bahwa pemerintah berencana membuka moratorium pengiriman TKI ke luar negeri.

Hanif menegaskan sampai saat ini moratorium tersebut tetap berlaku dan tidak ada rencana sama sekali dari pihaknya untuk membuka.

"Oh enggak ada. Nggak ada, nggak ada sama sekali," katanya.

Tercatat hingga saat ini pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan moratorium pengiriman TKI ke-21 negara di Timur Tengah, di antaranya ke Arab Saudi, Irak, Iran, Kuwait, Lebanon, Libya, dan Pakistan.

Berbagai kebijakan lain juga diterapkan oleh Kemenaker di antaranya dengan membenahi sistem penempatan dan perlindungan TKI salah satunya melalui penerbitan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No 22 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.

Regulasi tersebut di antaranya mengatur dengan ketat Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS).

Pemerintah RI melalui Kemenaker juga membuat program pemberian sanksi berupa pencabutan surat izin pengerahan (SIP) TKI jika di lapangan terbukti melakukan pelanggaran.[]
 

Berita Lainnya

Sore Ini, Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp14.700 per Dolar AS

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menjelang akhir bulan September masih . . .

Ekonomi Senin, 21 September 2020

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020