Senin, 19 Oktober 2020

 

 

Humaniora

Enggartiasto Lukita, Bicara Produk Unggulan Ekspor RI

Abu
Selasa, 23 Juli 2019 15:44 WIB

Enggartiasto Lukita, Bicara Produk Unggulan Ekspor RI
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

SOKSINEWS.COM, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan tentang produk-produk unggulan Indonesia yang berpeluang untuk memenuhi kebutuhan ekspor, sebagai upaya memperkecil neraca perdagangan.

"Jika bicara perdagangan secara universal, apa sih komoditas yang memiliki nilai tambah dari Indonesia, namun tidak dimiliki atau sedikit di negara lain," ujar Enggartiasto Lukita, selasa 23/07/19.

Menurut Enggar, salah satu komoditas yang dapat diunggulkan dalam hal ini adalah sarang burung walet, di mana Indonesia menjadi negara terbesar di dunia yang menghasilkan produk tersebut.

Enggar mengkalkulasi, dengan manfaat yang begitu banyak, harga satu kilogram sarang burung walet mencapai Rp25 juta. Angka ini dinilai sangat besar dan potensial untuk mendongkrak kinerja ekspor Indonesia.

Kendati demikian, Enggar berharap agar terdapat investasi yang masuk ke Indonesia untuk mengolah sarang burung walet menjadi berbagai produk yang bernilai tambah.

Sementara itu, komoditi lainnya yang juga diunggulkan yakni crude palm oil (CPO), karet dan beberapa produk pertambangan.

Selain itu, Indonesia juga memiliki produk pertambangan yang bisa diandalkan, di antaranya nikel, ore, tembaga, emas dan batu bara.

Hal lain yang tidak kalah unggul yakni buah-buahan tropis, mulai dari mangga, rambutan, nanas, buah naga, yang saat ini telah diekspor ke beberapa negara.

Bahkan, beberapa buah-buahan yang dihasilkan di tanah air kini menjadi rujukan negara lain untuk dikembangkan menggunakan teknologi pertanian yang mumpuni.

Untuk itu, Enggar berharap, terdapat investasi untuk membuat komoditi asal Indonesia bernilai tambah, terlebih untuk memenuhi kebutuhan ekspor.[]

Berita Lainnya

Pep Guardiola Minta Aguero Tampilkan Performa Terbaik untuk City

SOKSINEWS.COM, Pep Guardiola minta Sergio Aguero harus bisa menunjukkan dirinya layak mendapat kontrak baru dari Manchester City. . . .

Humaniora Senin, 19 Oktober 2020

Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan Raih Dukungan dari Masyarakat Nias di Tangsel

SOKSINEWS.COM, Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangsel Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan kembali mendapat dukungan . . .

Humaniora Senin, 19 Oktober 2020

Puteri Komarudin Dorong Optimalisasi Penyaluran BLT Dana Desa

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin mendorong pentingnya optimalisasi penggunaan . . .

Humaniora Senin, 19 Oktober 2020

Ibu Hamil, Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Diri dari Keguguran

SOKSINEWS.COM, Keguguran akan menciptakan banyak masalah. Ibu hamil yang pernah keguguran dan melewati proses pemulihan medis . . .

Humaniora Minggu, 18 Oktober 2020

Tiga Tahun Kepemimpinan Anies di DKI, Ini Harapan Golkar

SOKSINEWS.COM, Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta berharap ada harmonisasi komunikasi politik antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan . . .

Humaniora Minggu, 18 Oktober 2020