Senin, 19 Oktober 2020

 

 

Ekonomi

Disperindag: Volumen Ekspor Sultra Meningkat Signifikan

Abu
Senin, 29 Juli 2019 15:37 WIB

Disperindag: Volumen Ekspor Sultra Meningkat Signifikan
Kadis Perindag Sultra, Hj Sitti

SOKSINEWS.COM,  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong percepatan ekspor non migas seperti hasil pertanian dan pekebunan khususnya kakao dan hasil perikanan laut di mana selama 2019 ekspor Sultra meningkat cukup signifikan.

"Selama tahun 2019 kinerja ekspor Sulawesi Tenggara alami peningkatan yang cukup signifikan dibanding dengan tahun sebelumnya," ujar kadis Perindag Sultra, Hj Sitti Saleha di Kendari, Senin.

Ia menyebutkan, selama Januari hingga Juni 2019 volume ekpor Sultra mencapai 4.112,081 ton dengan nilai 693,752 juta dolar AS. Angka tersebut meningkat sekitar 10,2 persen dibanding dengan tahun sebelumnya.

"Volume ekspor yang tercatat itu 96 persen masih didominasi hasil tambang khususnya fero nikel biji besi, sementara eskpor hasil pertanian, perkebunan dan perikanan laut masih sangat kecil," katanya.

Bahkan belum lama ini, kata Sitti Saleha, Gubernur Sultra Ali Mazi, telah mengekspor perdana komoditas kakao sebanyak 80 ton dengan tujuan Belanda yang proses pengirimannya dilakukan melalui pelabuhan New Port Bungkutoko Kendari.

Gubernur Ali Mazi mengapresiasi ekspor perdana yang dilakukan PT Kalla Kakao Industri tersebut, karena menjadi sebuah kebanggaan dan kemajuan daerah, untuk pertama kalinya melakukan ekspor hasil Sumber Daya Alam (SDA) lokal keluar negeri tersebut.

Selain komoditas perkebunan, pemerintah Sultra juga mengekspor hasil tangkapan berupa ikan tuna dan gurita sebanyak 36.900 kilogram milik PT Sultra Tuna Mandiri dan PT Yanangi dengan tujuan AS.

"Tentu dengan ekspor langsung tersebut, para pelaku usaha lainya juga didorong giat melakukan ekspor dengan menggalakkan semua potensi yang dimiliki para pelaku usaha untuk semakin berkembang," katanya.[]

Berita Lainnya

Sore Ini, Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp14.700 per Dolar AS

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menjelang akhir bulan September masih . . .

Ekonomi Senin, 21 September 2020

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020