Selasa, 27 Oktober 2020

 

 

Ekonomi

Mendag Tegaskan Soal Umpor Itu Barang Modal

Abu
Jumat, 16 Agustus 2019 17:55 WIB

Mendag Tegaskan Soal Umpor Itu Barang Modal
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

SOKSINEWS.COM, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan terkait Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat adanya impor dari China ke Indonesia pada Juli 2019 mencapai 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp2,1 triliun itu merupakan impor yang didominasi oleh barang modal.

“Lebih banyak barang modal. Itu bagus dalam arti kalau masuk barang modal,” katanya saat ditemui di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, impor barang modal dilakukan karena memang tidak tersedia dan diproduksi di dalam negeri seperti mesin sehingga tidak masalah karena dapat mendorong dalam peningkatan produktivitas industri dalam negeri.

“Bagus sebenarnya dalam artian masuknya barang modal, bukan konsumsi karena industrinya tumbuh,” ujarnya.

Selain itu, ia menuturkan bahwa sebenarnya data ekspor dan impor yang diterima oleh BPS berasal dari kementeriannya.

Sebelumnya, BPS mencatat nilai impor Indonesia pada Juli 2019 mencapai 15,51 miliar dolar AS atau naik 34,96 persen daripada Juni 2019.

Dari peningkatan impor tersebut, impor non-migas tertinggi pada Juli 2019 berasal dari China yaitu mencapai 1,5 miliar dolar AS atau setara Rp21,1 triliun.[]

Berita Lainnya

Sore Ini, Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp14.700 per Dolar AS

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menjelang akhir bulan September masih . . .

Ekonomi Senin, 21 September 2020

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020