Selasa, 27 Oktober 2020

 

 

Nasional Daerah

Ganjar Kembali Wacanakan Dana Gotong Royong Penanganan Pascabencana

Abu
Kamis, 19 September 2019 11:35 WIB

Ganjar Kembali Wacanakan Dana Gotong Royong Penanganan Pascabencana
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

SOKSINEWS.COM, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mewacanakan adanya dana gotong royong yang dihimpun dari APBD tiap daerah untuk mempercepat penanganan pascabencana.

"Bencana tidak bisa diprediksi kapan dan di mana terjadinya, jadi harus ada anggaran darurat khusus untuk penanganan bencana," katanya di Semarang, Kamis, (19/09/19).

Ganjar menyebutkan dengan adanya dana gotong royong, pemerintah kabupaten/kota atau provinsi membantu sesuai kemampuan anggaran untuk rehabilitasi dan rekonstruksi untuk meringankan beban para korban.

Selain masyarakat tidak bakal panik, Ganjar mengatakan pemerintah juga setidaknya merasa lega karena sudah ada cadangan anggaran yang bukan hanya dibebankan kepada satu daerah terkait penanganan pascabencana.

Menurut Ganjar, untuk merealisasikan konsep APBD gotong royong tidaklah sulit karena hanya memerlukan komitmen dari kepala daerah dan kalangan legislator.

Kendati telah melontarkan wacana tersebut dalam setahun terakhir, Ganjar mengaku belum menyampaikan ke kepala daerah lainnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jateng itu telah menyampaikan usulan konsep APBD gotong royong kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk membantu rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana yang masuk kategori berat.

"Untuk mengatasi bencana APBD kabupaten ataupun provinsi tidak bakal mampu. Ini belum saya 'share' ke teman-teman kepala daerah lain tapi sudah sampai ke Presiden," ujarnya.[]

Berita Lainnya

Dirlantas Polda Metro Jaya Buka Layanan SIM Keliling di Lima Titik Ini

SOKSINEWS.COM, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memfasilitasi layanan keliling untuk masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Presiden Jokowi Minta Jajarannya Jelaskan pada Masyarakat Soal Tahapan Imunisasi COVID-19

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk membuat dan menjelaskan tahapan imunisasi COVID-19 yang harus . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Jakarta Selatan

?SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini hujan disertai petir dan angin . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

160.916 Personel Korlantas Polri Diterjunkan dalam Pengamanan Libur Panjang

SOKSINEWS.COM, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono melepas tim perwira pengamat wilayah (Pamatwil) . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Ketua MPR: Generasi Muda Harus Jadi Ujung Tombak Pembangunan Nasional

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengenang peran pemuda di masa perjuangan kemerdekaan bukan berarti kita tidak mau . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020