Senin, 19 Oktober 2020

 

 

Ekonomi

Misbakhun Dorong Lulusan Perguruan Tinggi Melek Revolusi Industri 4.0

Ahmad Fiqi Purba
Minggu, 22 September 2019 08:47 WIB

Misbakhun Dorong Lulusan Perguruan Tinggi Melek Revolusi Industri 4.0
Anggota DPR RI Komisi XI Mukhamad Misbakhun saat menyampaikan orasi ilmiah bertitel “Kesiapan Daya Saing dan Jiwa Entrepeneur SDM Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0”

SOKSINEWS.COM, Anggota DPR RI Komisi XI Mukhamad Misbakhun berharap para lulusan perguruan tinggi benar-benar melek revolusi industri 4.0.

Menurut Misbakhun, di era industri 4.0 banyak tantangan dan diiringi dengan peluang yang besar.

Misbakhun menuturkan itu dalam menyampaikan orasi ilmiah di depan wisudawan dan wisudawati pada Sidang Senat Terbuka Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (21/9/2019).

"Revolusi Industri 4.0 mempengaruhi cara industri beroperasi dan cara melayani konsumen. Situasi ini memaksa pelaku usaha untuk menyesuaikan diri,"kata Misbakhun.

Mantan pegawai negeri sipil (PNS) Kementerian Keuangan itu menjelaskan, Ukuran besar perusahaan tidak lagi menjadi ukuran keberhasilan.

Yang ditut saat ini adalah kelincahan dan kemampuan membaca kebutuhan pasar. 

Dalam orasi ilmiah bertema“Kesiapan Daya Saing dan Jiwa Entrepeneur SDM Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0” itu Misbakhun mencontohkan Grab dan Go-Jek yang menjadi ancaman bagi pemain-pemain besar industri transportasi.

"Contoh lainnya adalah Airbnb yang mengancam pemain-pemain utama industri perhotelan, dan tidak memiliki satu pun hotel," pungkas Misbakhun.[]

Berita Lainnya

Sore Ini, Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp14.700 per Dolar AS

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menjelang akhir bulan September masih . . .

Ekonomi Senin, 21 September 2020

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020