Selasa, 20 Oktober 2020

 

 

Nasional Daerah

Disnaker Mataram Sosialisasi Program Transmigrasi

Abubakar
Kamis, 24 Oktober 2019 13:26 WIB

Disnaker Mataram Sosialisasi Program Transmigrasi
Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram Hariadi, S.IP di Mataram.

SOKSINEWS.COM, Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, melaksanakan sosialisasi program transmigrasi untuk menarik minat warga, memberikan gambaran serta bisa memiliki pemahaman sama terhadap kebijakan tersebut.

"Hari ini, kami menyasar sebanyak 50 orang peserta yang merupakan perwakilan dari beberapa kelurahan yang dinilai padat penduduk," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram Hariadi, S.IP di Mataram, Kamis, (24/10/19).

Ia mengatakan, peserta yang menjadi prioritas sosialisasi program transmigrasi adalah warga yang tinggal di kawasan padat penduduk, tidak punya rumah dan pekerjaan, miskin atau pra sejahtera.

"Biasanya kami mengutamakan keluarga miskin. Pasalnya, program transmigrasi merupakan salah satu upaya penanggulangan kemiskinan," katanya.

Dikatakan, sosialisasi program transmigrasi harus tetap dilaksanakan sebagai upaya persiapan untuk tahun depan. Meskipun tahun ini Kota Mataram tidak mendapatkan kuota transmigrasi.

Hariadi mengatakan, dalam sosialisasi itu disampaikan bahwa setelah mereka berada di daerah tujuan, peserta transmigrasi akan mendapatkan beberapa fasilitas dari pemerintah.

Fasilitas tersebut antara lain, diberikan jatah hidup selama satu tahun, perumahan beserta pekarangan 0,25 hektare serta lahan garapan 0,75 hingga satu hektare.

"Kalau mereka tekun mengelola lahan yang diberikan, Insya Allah bisa menjadi keluarga transmigrasi yang sukses bahkan mungkin enggan kembali ke kampung halaman," katanya

Ia berharap, tahun depan Kota Mataram bisa mendapatkan kuota transmigrasi seperti tahun-tahun sebelumnya untuk mengakomodasi minat masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya kabinet baru ini, tahun 2020 Mataram bisa mendapat kuota transmigrasi. Bila perlu, kami akan susul ke pusat," katanya.[]

Berita Lainnya

Antisipasi La Nina, BNPB Tekankan Pentingnya Mitigasi Non Struktural

SOKSINEWS.COM, Sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi terjadi peningkatan curah hujan akibat fenomena La Nina yang terjadi . . .

Nasional Selasa, 20 Oktober 2020

Anggota Komisi VII DPR Prioritaskan Pemasangan Jargas di 17 Daerah

SOKSINEWS.COM, Komisi VII DPR RI menghadiri dalam pembukaan sosialisasi tugas dan fungsi serta capaian kinerja Badan Pengatur . . .

Nasional Selasa, 20 Oktober 2020

Golkar Jabar Bantu Korban Banjir Bandang Wilayah Garut Selatan

SOKSINEWS.COM, DPD Partai Golkar Jawa Barat mengerahkan kader partai serta seluruh pengurus DPD Golkar Garut untuk melihat secara . . .

Nasional Selasa, 20 Oktober 2020

Lembaga Pengelola Investasi Bakal Beroperasi Januari 2021

SOKSINEWS.COM, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund . . .

Nasional Selasa, 20 Oktober 2020

Penyelenggara Pemilu Beberkan 12 Hal Baru di TPS Saat Nyoblos Nanti

SOKSINEWS.COM, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengungkapkan bakal ada 12 hal baru di TPS saat pencoblosan . . .

Nasional Selasa, 20 Oktober 2020