Senin, 19 Oktober 2020

 

 

Nasional

Bupati Landak Harapkan Peningkatan Layanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan

Abubakar
Senin, 04 November 2019 11:38 WIB

Bupati Landak Harapkan Peningkatan Layanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan
Bupati Landak, Kalimantan Barat dr. Karolin Margret Natasa

SOKSINEWS.COM, Bupati Landak, Kalimantan Barat  dr. Karolin Margret Natasa berharap kenaikan iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas layanan kesehatan oleh BPJS Kesehatan.

"Kita berharap kenaikan iuran JKN ini juga mampu meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan seperti mengenai keanggotaan," kata Karolin di Ngabang, Senin, (04/11/19).

Menurutnya, BPJS Kesehatan harus bisa segera menambah tempat pembayaran, meningkatkan peserta mandiri dan yang terpenting jenis-jenis penyakit yang ditanggung BPJS harus bisa di-cover lebih bayak.

"Kita selaku Pemerintah Daerah Landak sudah siap mengalokasikan APBD 2020 untuk penambahan iuran tersebut, serta RSUD Landak juga siap dengan pelayanan pasien BPSJ tersebut dengan standar yang diberikan oleh BPJS," tuturnya.

Seperti diketahui, Pemerintah resmi menaikkan 100 persen iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada tahun 2020 mendatang, kenaikan iuran tersebut disahkan melalui ditandatanganinya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 24 Oktober 2019 lalu.

Kenaikan iuran ini akan berlaku pada 1 Januari 2020 dengan kenaikan besaran iuran dari kelas 3 yang sebelumnya Rp25.500 naik menjadi Rp42.000 per bulan per jiwa, untuk kelas 2 yang sebelumnya Rp51.000 naik menjadi Rp110.000 per bulan per jiwa, dan untuk kelas 1 yang sebelumnya Rp80.000 naik menjadi Rp160.000 per bulan per jiwa.

Selain itu, dia juga berharap agar regulasi terhadap kenaikan iuran tersebut dapat segera dikeluarkan agar pihak-pihak terkait dapat segera menyesuaikannya serta kenaikan iuran ini juga dapat berdampak kepada kesejahteraan tenaga kesehatan.

"Kami selaku owner dari RSUD Landak belum tahu seperti apa regulasi yang akan dikeluarkan BPJS Kesehatan terkait kenaikan iuran ini, dan yang terpenting adalah dengan naiknya iuran BPJS dapat meningkatkan dan memperhatikan kesejahteraan para tenaga kesehatan," kata Karolin.[]

Berita Lainnya

Ketua DPP: Golkar Lahir Sebagai Kekuatan untuk Melawan PKI

SOKSINEWS.COM, Ketua DPP Partai Golkar H.M. Iqbal Wibisono menegaskan bahwa Golongan Karya lahir sebagai salah satu kekuatan untuk . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Menko Perekonomian Ajak Pengusaha Jerman Tingkatkan Investasi di Indonesia

SOKSINEWS.COM, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak pengusaha dari Jerman untuk meningkatkan investasi di Indonesia. . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Ini Tips Agar Lipstick Tidak Menempel ke Masker

SOKSINEWS.COM, Penggunaan lipstick saat harus pakai masker dikeluhkan sebagain perempuan. Mereka merasa masker mengurangi ketebalan . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Wamendag Jerry Sambuaga Minta Milenial Kembangkan Kreativitas Hadapi Pandemi

SOKSINEWS.COM, Kreativitas yang merupakan modal kaum milenial harus dimunculkan dan dikembangkan untuk turut berkontribusi bagi . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Per Hari Ini, Pemerintah Sebut Realisasi Anggaran PEN Sudah Mencapai 49.5 Persen

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari dampak . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020