Selasa, 24 November 2020

 

 

Nasional

Pertamina Siapkan 2 Miliar Dolar AS Kembangkan Geotermal

Abubakar
Kamis, 07 November 2019 13:12 WIB

Pertamina Siapkan 2 Miliar Dolar AS Kembangkan Geotermal
Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansury

SOKSINEWS.COM, PT Pertamina (Persero) menyiapkan anggaran sekitar 2 miliar dolar AS (setara Rp27 triliun) dalam enam hingga tujuh tahun ke depan untuk pengembangan aset geotermal atau panas bumi.

Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansury dalam EBTKE ConEx 2019 di Jakarta, menuturkan angka tersebut merupakan komitmen perseroan untuk mendukung pengembangan energi baru terbarukan (EBT) sekaligus mendukung program bauran energi terbarukan sebesar 23 persen pada 2025.  Kamis, (07/11/19).

"Komitmen kami dalam enam hingga tujuh tahun ke depan kami siapkan 2 miliar dolar AS untuk mengembangkan geotermal," katanya.

Pahala mengakui, besaran komitmen pengembangan geotermal itu memang masih kecil dibanding dengan investasi total sekitar 80 miliar dolar AS yang akan digunakan untuk pengembangan bisnis Pertamina.

"Memang dengan kondisi yang ada, regulasi yang ada, dan 'off take contract' (kontrak pembelian) yang ada belum memungkinkan bagi kami untuk mengembangkan lebih dari itu," ujarnya.

Terlebih, mandat yang diberikan ke Pertamina terkait pengelolaan energi nasional sesuai UU Energi Nomor 30 Tahun 2007 adalah "availability" (ketersediaan), "accessibility" (aksesibilitas), "affordability" (keterjangkauan), "acceptability" (penerimaan) dan "sustainaibility" (keberlanjutan) bahan bakar.

Namun, Pahala menambahkan, pihaknya membuka peluang peningkatan pengembangan EBT melalui kemitraan dengan mitra strategis. Misalnya, kemitraan dengan PT PLN (Persero) untuk memproduksi listrik dan uap melalui aset geotermal yang Pertamina miliki.

Pertamina  hingga 2020 memiliki 670 Giga Watt kapasitas terpasang bersumber dari geotermal. Pada 2026, perseroan menargetkan untuk meningkatkan kapasitasnya hingga menjadi 1.100 GW.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan dari segi potensi, Indonesia telah memiliki 400 GW potensi listrik yang dihasilkan dari sumber EBT. Namun, pemanfaatan energi baru terbarukan di Indonesia baru menginjak pada angka 8 persen atau sekitar 32 GW.[]

Berita Lainnya

Optimalkan Kamera Ponsel untuk Dapatkkan Video Keren, Ini 4 Caranya

SOKSINEWS.COOM, Konten videografi di medsos semakin banyak yang melaukan. Jika ingin bikin video ala profesional, ternnyata bisa . . .

Nasional Selasa, 24 November 2020

Pemerintah Target 44 Aturan Turunan UU Cipta Kerja Selesai Awal Desember

SOKSINEWS.COM, Kementerian/Lembaga (K/L) terlibat dalam penyiapan peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja. Mereka terus melakukan . . .

Nasional Selasa, 24 November 2020

BMKG: Gempa Guncang Gunung Kidul dan Jembrana dalam 2 Menit

SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dua gempa bumi mengguncang Gunung Kidul, Daerah Istimewa . . .

Nasional Selasa, 24 November 2020

Komisi VIII DPR Minta Kemenag Segera Luruskan Info Soal Haji dan Umrah

SOKSINEWS.COM, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily memahami situasi yang dialami para calon jamaah haji karena . . .

Nasional Selasa, 24 November 2020

Menkeu Minta Pengelola Optimalisasi Nilai dan Fungsi Aset Negara Agar Terus Bermanfaat

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta pengelola aset negara terus berinovatif, kreatif, dan adaptif . . .

Nasional Selasa, 24 November 2020