Selasa, 27 Oktober 2020

 

 

Nasional

Babel Siapkan RP32 Miliar Antisipasi Pemutusan Jaminan Kesehatan

Abubakar
Jumat, 15 November 2019 13:28 WIB

Babel Siapkan RP32 Miliar Antisipasi Pemutusan Jaminan Kesehatan
Logo BPJS Kesehatan

SOKSINEWS.COM, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan dana Rp32 miliar, guna mengantisipasi pemutusan jaminan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu sebagai dampak kenaikan iuran BPJS Kesehatan pada 2020.

"Anggaran ini untuk mengantisipasi pemutusan jaminan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu," kata Kepala Dinkes Provinsi Kepulauan Babel, Mulyono Susanto di Pangkalpinang, Jumat, (15/11/19).

Ia mengemukakan anggaran Rp32 miliar untuk mengantisipasi kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini berasal dari APBD 2020, sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas kesehatan masyarakat.

"Kalau tidak ada dana antisipasi, maka akan ada pemutusan jaminan kesehatan dari instansi terkait," ujarnya.

Menurut dia meski iuran BPJS Kesehatan ini akan diberlakukan tahun depan, namun pemerintah provinsi, kabupaten/kota telah mengantisipasi dengan menaikkan anggaran jaminan kesehatan masyarakat kurang mampu.

"Jangan sampai masyarakat kurang mampu ini tidak bisa berobat, karena tidak adanya pemutusan dari pihak BPJS," tambahnya.

Ia menilai kenaikkan BPJS tahun depan tidaklah terlalu tinggi hanya Rp50.000 untuk BPJS Kesehatan kelas tiga.

"Masyarakat bisa saja menurunkan kelas BPJS kelas satu menjadi kelas dua atau tiga, jika mereka tidak mampu membayar iuran jaminan kesehatan tersebut," katanya.[]

Berita Lainnya

Ledakan Madrasah di Pakistan, 7 Orang Tewas Termasuk Anak-anak

SOKSINEWS.COM, Ledakan di salah satu sekolah agama di Kota Peshawar, Pakistan utara pada Selasa (27/10/2020). Ledakan menewaskan . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Dyah Roro Sebut Potensi Sumber Energi Nasional Masih Besar

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri menilai saat ini potensi sumber energi fosil nasional masih . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

PSSI Berharap Izin untuk Kompetisi Liga 1 Bisa Segera Rampung

SOKSINEWS.COM, Ketua Umum Persatuan Sebak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan berharap segera mendapatkan izin dari . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Gubernur Tandingan Era Ahok Fahrurrozi Ishaq Wafat Karena COVID-19

SOKSINEWS.COM, KH Fahrurrozi Ishaq yang dikenal sebagai Gubernur tandingan saat masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Dirlantas Polda Metro Jaya Buka Layanan SIM Keliling di Lima Titik Ini

SOKSINEWS.COM, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memfasilitasi layanan keliling untuk masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020