Sabtu, 24 Oktober 2020

 

 

Nasional

Dinas Sosial Kirimkan 600 Paket Untuk Korban Kebakaran Pulau Sebuku

Abubakar
Minggu, 24 November 2019 13:15 WIB

Dinas Sosial Kirimkan 600 Paket Untuk Korban Kebakaran Pulau Sebuku
Kepala Dinas Sosial Siti Nuriani di Banjarmasin

SOKSINEWS.COM, Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengirimkan  600 paket  bantuan berupa makanan, pakaian, kasur dan lainnya untuk korban kebakaran di permukiman warga Desa Sungai Bali, Kecamatan Pulau Sebuku Kotabaru, Sabtu (23/11/2019) sekitar pukul 22.00 Wita.

Kepala Dinas Sosial Siti Nuriani di Banjarmasin mengatakan, saat ini tim sedang melakukan pendataan terhadap seluruh korban kebakaran yang diperkirakan mencapai ratusan rumah. Minggu, (24/11/19).

"Sampai saat ini kami bersama tim masih melakukan pendataan untuk memastikan berapa jumlah rumah yang terbakar. Informasi sementara, mencapai sekitar 400 rumah, 600 kepala keluarga dan ribuan anggota keluarga kehilangan rumah. Namun kita masih menunggu jumlah pastinya, itu baru perkiraan," katanya.

Pemerintah melalui APBN telah menganggarkan bantuan senilai Rp161 juta, untuk penyaluran berbagai paket kebutuhan korban tersebut. Sedangkan dari APBD, tambah dia, sedang dalam proses penghitungan.

"Dari APBD, kami perkirakan hari ini juga telah selesai perhitungan, sehingga bantuan bisa segera dikirim," katanya.

Mengantisipasi berbagai kemungkinan terhadap seluruh korban kebakaran, kata dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan BPBD provinsi maupun kabupaten, untuk kepentingan pemberian bantuan.
 
Siti mengatakan, peristiwa kebakaran yang terjadi kali ini sangat menyedihkan, karena jumlahnya cukup besar.

Api lambat ditangani, karena lokasi yang sangat jauh dan harus mengendarai speed boat dari Kotabaru menuju tempat kejadian selama sekitar satu jam.

Kondisi tersebut, diperparah dengan angin yang cukup kencang, sehingga api dengan cepat menyebar dari rumah satu ke rumah lainnya.

"Awalnya puluhan rumah, kemudian terus bertambah hingga ratusan rumah," katanya.

Kepala BPBD Kalsel Wahyudin mengatakan, saat ini dia sedang mendampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama tim Forkopimda di lokasi kebakaran.

"Saya baru saja sampai di lokasi kebakaran bersama bapak gubernur, secepatnya kami akan mengadakan rapat untuk memastikan langkah-langkah yang akan diambil," katanya.[]

Berita Lainnya

Wapres: Perlu Langkah Strategis untuk Jadikan Indonesia Produsen Produk Halal Dunia

SOKSINEWS.COM, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menyebut perlunya langkah-langkah strategis yang kolaboratif dari seluruh pihak . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

Di Hadapan Kader HMI Malang, Ketua MPR Minta Pemuda Aktif dalam Penanganan COVID-19

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menilai pembelajaran jarak jauh (daring) di tengah pandemi COVID-19 masih menyisakan . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

BMKG: Jakarta Akan Diguyur Hujan pada Siang Hingga Malam Hari

SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya memprakirakan semua wilayah DKI Jakarta . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

Tujuh Lokasi Rawan Banjir Ini Akan Jadi Fokus Pemkot Jakbar

SOKSINEWS.COM, Musim hujan tiba. Banjir mengancam sejumlah wilayah ibu kota. Untuk itu, Pemerintah Kota Jakarta Barat fokus menangani . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

Vaksin COVID-19 dari Oxford University Terbukti Bangkitkan Kekebalan Tubuh

SOKSINEWS.COM, Vaksin virus corona yang sedang dikembangkan di Universitas Oxford telah terbukti menghasilkan respons kekebalan . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020