Selasa, 27 Oktober 2020

 

 

Nasional

Mendagri: Ideologi Hanya Bisa Dilawan dengan Ideologi

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 26 November 2019 12:58 WIB

Mendagri: Ideologi Hanya Bisa Dilawan dengan Ideologi
Musyawarah Nasional APPSI, dI Jakarta Selasa, (26/11/2019). (ANTAR FOTO/Boyke Ledy Watra)

SOKSINEWS.COM, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berpesan kepada para gubernur dalam kegiatan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) agar terus menanamkan ideologi Pancasila di setiap kesempatan.

"Ideologi hanya bisa dikalahkan dengan ideologi, ideologi mana yang bisa kita ambil untuk mengalahkan ideologi yang mungkin bisa membahayakan negara ini, ya Pancasila," kata Tito Karnavian di Jakarta Selasa (26/11/19).

Tito meminta, pembuatan setiap regulasi oleh kepala daerah harus berasaskan ideologi Pancasila, begitu juga di setiap kegiatan seperti apel, acara formal, dan kegiatan lainnya daerah terus menggaungkan ideologi Pancasila serta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Ini akan mereduksi dan tidak memberi ruang kepada ideologi lain masuk," ucapnya.

Saat era demokratisasi ini menurut dia ketahanan ideologi menjadi tantangan karena begitu terbuka ruang kebebasan berserikat dan berkumpul dan menyampaikan pendapat.

"Ini juga memberi ruang masuk kepada ideologi-ideologi yang mungkin tidak cocok dengan keadaan masyarakat kita yang plural," kata dia.

Oleh karena, potensi tersebut perlu diredam, serta dinetralisir karena hal itu bisa mengakibatkan perpecahan di tengah masyarakat yang plural.

Tito juga sempat menyinggung soal cara berpakaian aparatur sipil negara (ASN) yang menurutnya hendaknya mengikuti aturan dan cara berpakaian yang telah diatur sesuai ketentuan.

"Sudah ada tata caranya, hari Senin pakai apa, Selasa pakai apa, Rabu apa. Kemudian panjangnya berapa, mirip dengan di TNI dan Polri juga sudah ada aturan-aturan, lebarnya kemudian apanya bentuknya, warnanya dan seterusnya," pungkasnya.[]

Berita Lainnya

PSSI Berharap Izin untuk Kompetisi Liga 1 Bisa Segera Rampung

SOKSINEWS.COM, Ketua Umum Persatuan Sebak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan berharap segera mendapatkan izin dari . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Gubernur Tandingan Era Ahok Fahrurrozi Ishaq Wafat Karena COVID-19

SOKSINEWS.COM, KH Fahrurrozi Ishaq yang dikenal sebagai Gubernur tandingan saat masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Dirlantas Polda Metro Jaya Buka Layanan SIM Keliling di Lima Titik Ini

SOKSINEWS.COM, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memfasilitasi layanan keliling untuk masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Presiden Jokowi Minta Jajarannya Jelaskan pada Masyarakat Soal Tahapan Imunisasi COVID-19

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk membuat dan menjelaskan tahapan imunisasi COVID-19 yang harus . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Jakarta Selatan

?SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini hujan disertai petir dan angin . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020