Sabtu, 24 Oktober 2020

 

 

Nasional

Mendagri: Gubernur Hendaknya Jadi Wakil Pemerintah Pusat dan Pembina

Ahmad Fiqi Purba
Selasa, 26 November 2019 15:24 WIB

Mendagri: Gubernur Hendaknya Jadi Wakil Pemerintah Pusat dan Pembina
Munas APPSI di Jakarta, Selasa, (27/11/2019) (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

SOKSINEWS.COM, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam kegiatan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) mengharapkan agar gubernur bisa menempatkan diri pada dua posisi, sebagai wakil pemerintah pusat dan pembina atau pemimpin di daerah.

"Dengan berperan di dua posisi itu, daerah jadi bisa mengakomodir program-program pusat untuk dimasukkan dalam rencana program di daerah dengan baik," kata Tito Karnavian di Jakarta, Selasa (26/11/19).

Tito juga meminta para Gubernur agar mendorong (kabupaten dan kota) untuk membuat program-program yang paralel dengan program perintah pusat, dan paralel juga dengan provinsi.

Saat ini, menurut dia pemerintah fokus melanjutkan pembangunan yang sudah dimulai sejak periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo, dan juga fokus meningkatkan sumber daya manusia.

Kondisi infrastruktur yang baik dan SDM unggul dengan memanfaatkan bonus demografi, pada 2050 mendatang Indonesia mendominasi ekonomi dunia bukan lagi sebuah angan-angan belaka.

Tito juga berpesan kepada gubernur untuk bisa menjaga stabilitas keamanan, demi merealisasikan program-program yang telah direncanakan sampai akhir periode jabatan presiden maupun masing-masing kepala daerah.

"Tidak akan bisa membangun dan mengeksekusi semua program-program kalau situasinya kacau," ujarnya.

Pada kegiatan Munas APPSI ini hampir seluruh gubernur hadir, diantara seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Berita Lainnya

Puluhan Rumah di Bekasi Berhamburan Diterjang Angin Puting Beliung

SOKSINEWS.COM, Puluhan rumah yang berada di dua desa dan satu kelurahan, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, mengalami kerusakan . . .

Nasional Jumat, 23 Oktober 2020

Kebakaran Gedung Kejagung Akibat Puntung Rokok, 8 Orang Jadi Tersangka

SOKSINEWS.COM, Bareskrim Polri menetapkan delappan orang menjadi tersangka kasus dugaan tindak pidana kebakaran gedung utama Kejaksaan . . .

Nasional Jumat, 23 Oktober 2020

23 Oktober, Pasien Sembuh COVID-19 Tambah 4.094

SOKSINEWS.COM, Satgas Penanganan COVID-19 menyebutkan hingga 23 Oktober 2020, pasien sembuh dari penyakit COVID-19 tercatat bertambah . . .

Nasional Jumat, 23 Oktober 2020

Kemenhub Awasi Ketat Transportasi Saat Libur Cuti Bersama Akhir Oktober

SOKSINEWS.COM, Untuk mencegah peningkatan kasus COVID-19, Kementerian Perhubungan memastikan akan mengawasi ketat transportasi . . .

Nasional Jumat, 23 Oktober 2020

Tumbuhkan Semangat Karya Kekaryaan untuk Menjawab Tantangan Zaman

SOKSINEWS.COM, Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar, Meutya Hafid mengatakan, Golkar lahir dengan semangat . . .

Nasional Jumat, 23 Oktober 2020