Senin, 19 Oktober 2020

 

 

Nasional

Jumlah Peserta BPJS Kesehatan Di NTT Capai 4,6 Juta Jiwa Lebih

Abubakar
Rabu, 27 November 2019 13:27 WIB

Jumlah Peserta BPJS Kesehatan Di NTT Capai 4,6 Juta Jiwa Lebih
Kepala BPJS Kesehatan Kupang Fauzi Lukman Nurdiansyah

SOKSINEWS.COM, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kupang menyebutkan bahwa hingga November 2019 jumlah peserta JKN-KIS di NTT sudah mencapai 4.653.771 jiwa dari jumlah seluruh penduduk NTT 5.426.418 jiwa.

"Kalau dipersentasekan jumlah peserta JKNpKIS sekarang sudah mencapai 76 persen dari 5 jutaan jiwa masyarakat di NTT ini," kata Kepala BPJS Kesehatan Kupang Fauzi Lukman Nurdiansyah kepada wartawan di Kupang, Rabu, (27/11/19). 

Hal ini disampaikan saat mengelar kegiatan ngopi bareng wartawan Kupang untuk mempererat hubungan antara lembaga tersebut dengan para wartawan sekaligus sosialisasi tentang kenaikan iuran BPJS kesehatan.

Lukman mengatakan bahwa dengan sudah 76 persen warga NTT yang tercover BPJS kesehatan, maka saat ini masih tersisa 805 ribuan jiwa atau sekitar 14,24 persen masyarakat NTT yang belum menjadi peserta JKN-KIS.

"Dari jumlah yang sudah terdaftar itu dibagi lagi beberapa bagian yakni peserta penerima bantuan iuran, peserta pekerja penerima upah, pekerja bukan penerima upah, bukan pekerja serta penerima bantuan iuran melalui pemerintah daerah," tambahnya.

Untuk daftar segmen kepesertaan itu, untuk peserta penerima bantuan iuran JKN-KIS berjumlah 3.054.030 jiwa dengan prosesentase 65,62 persen, peserta penerima bantuan dari pemda berjumlah 573.888 jiwa, kemudian segmen peserta pekerja penerima upah mencapai 683.091 jiwa.

Kemudian untuk peserta pekerja bukan penerima upah mencapai 259,217 jiwa, sementara bukan penerima bantuan hanya berjumlah 83.545 jiwa.

Pihaknya juga berharap agar sampai akhir tahun nanti seluruh masyarakat di NTT bisa tercover dengan layanan kesehatan tersebut walaupun iuran BPJS kesehatan mulau 1 Januari 2020 nanti sudah mulai mengalami kenaikan.

Saat ini sosialiasi juga terus dilakukan oleh pihak BPJS Kesehatan Kupang agar seluruh masyarakat NTT dapat tercover oleh JKN-KIS.

Sementara itu secara khusus untuk kota Kupang, hingga November peserta JKN-KIS yang terdaftar sudah mencapai 331.611 jiwa dari total warga Kota Kupang 440.574 jiwa.

"Masih tersisa 108.963 jiwa yang belum tercover JKN-KIS. Kita juga sedang menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah ini untuk mencover semuanya," tambah dia.[]

Berita Lainnya

Ketua DPP: Golkar Lahir Sebagai Kekuatan untuk Melawan PKI

SOKSINEWS.COM, Ketua DPP Partai Golkar H.M. Iqbal Wibisono menegaskan bahwa Golongan Karya lahir sebagai salah satu kekuatan untuk . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Menko Perekonomian Ajak Pengusaha Jerman Tingkatkan Investasi di Indonesia

SOKSINEWS.COM, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak pengusaha dari Jerman untuk meningkatkan investasi di Indonesia. . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Ini Tips Agar Lipstick Tidak Menempel ke Masker

SOKSINEWS.COM, Penggunaan lipstick saat harus pakai masker dikeluhkan sebagain perempuan. Mereka merasa masker mengurangi ketebalan . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Wamendag Jerry Sambuaga Minta Milenial Kembangkan Kreativitas Hadapi Pandemi

SOKSINEWS.COM, Kreativitas yang merupakan modal kaum milenial harus dimunculkan dan dikembangkan untuk turut berkontribusi bagi . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Per Hari Ini, Pemerintah Sebut Realisasi Anggaran PEN Sudah Mencapai 49.5 Persen

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari dampak . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020