Senin, 19 Oktober 2020

 

 

Ekonomi

Presiden Jokowi: Seluruh Negara Berebut Arus Modal Masuk

Abubakar
Kamis, 20 Februari 2020 12:41 WIB

Presiden Jokowi: Seluruh Negara Berebut Arus Modal Masuk
Presiden RI Joko Widodo

SOKSINEWS.COM, Presiden RI Joko Widodo meresmikan pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Investasi Tahun 2020, di Jakarta, Kamis.(20/02/2020).

Dalam arahannya di acara tersebut Presiden mengatakan bahwa saat ini seluruh negara di dunia saling memperebutkan arus modal masuk atau investasi.

"Semakin banyak arus modal masuk, semakin banyak pertumbuhan ekonomi akan meningkat. Teori dasarnya seperti itu, sehingga semua negara sekarang berebut agar arus modal masuk ke negaranya," ujar Presiden Jokowi.

Presiden mengatakan saat ini APBN Indonesia hanya mempengaruhi sekitar 16 persen pertumbuhan ekonomi.

Sementara APBN ditambah APBD hanya mempengaruhi 23 persen pertumbuhan ekonomi. Artinya, kata Presiden, 77 persen pertumbuhan ekonomi dipengaruhi dunia usaha atau kalangan swasta.

"Yang menggerakan adalah swasta. Kita harus memahami betapa penting dunia usaha, dunia swasta dalam membuka lapangan kerja dan akan berpengaruh terhadap perekonomian. Kalau kita tidak mengerti ini akan sulit memahami betapa pentingnya yang namanya arus modal masuk, yang namanya investasi," ujar Presiden menjelaskan.

Dia menyampaikan saat ini berdasarkan GDP nominal, Indonesia sudah berada di peringkat 15 dari seluruh negara di dunia. Diprediksi Indonesia akan masuk empat besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

Presiden meminta peringkat kemudahan berusaha dan kemudahan memulai usaha di Indonesia untuk terus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.[]

Berita Lainnya

Sore Ini, Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp14.700 per Dolar AS

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menjelang akhir bulan September masih . . .

Ekonomi Senin, 21 September 2020

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020