Rabu, 21 Oktober 2020

 

 

Nasional

Pemerintah Upayakan Perpanjangan Visa Umrah Jamaah

Abubakar
Jumat, 28 Februari 2020 15:20 WIB

Pemerintah Upayakan Perpanjangan Visa Umrah Jamaah
Menteri Agama Fachrul Razi

SOKSINEWS.COM, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan pemerintah akan mengupayakan perpanjangan visa umrah bagi jamaah yang keberangkatannya tertunda karena Pemerintah Arab Saudi untuk sementara berhenti menerima kunjungan jamaah umrah dari negara lain dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Fachrul di Jakarta, Jumat, mengatakan Kementerian Agama sudah meminta otoritas Arab Saudi mempertimbangkan untuk memberikan fasilitas perpanjangan atau penerbitan ulang visa umrah tanpa biaya bagi jamaah yang sudah mendapat visa umrah namun tidak bisa digunakan karena Kerajaan Arab Saudi untuk sementara tidak menerima kunjungan warga negara lain.

Menteri Agama mengatakan jamaah asal Indonesia yang sekarang sudah berada di Arab Saudi tetap bisa menunaikan ibadah umrah.

Namun, ia melanjutkan, jamaah yang masih berada di negara transit tidak bisa menuju Arab Saudi, maskapai akan memulangkan mereka karena kondisi kahar atau force majeure.

Fachrul mengatakan maskapai tidak akan menghanguskan tiket penerbangan pergi-pulang jamaah umrah yang terdampak kebijakan Pemerintah Arab Saudi.

Maskapai penerbangan yang melayani jamaah umrah, menurut dia, akan melakukan penjadwalan ulang keberangkatan jamaah terdampak kebijakan Arab Saudi tanpa mengenakan biaya tambahan.

Jamaah umrah yang keberangkatannya tertunda, ia mengatakan, tidak akan dibebani biaya tambahan apa pun.

Fachrul juga bersyukur pihak-pihak yang terkait dengan pelayanan jamaah umrah tulus membantu jamaah.

"Tidak. Kita tidak ngomong kerugian. Semua memecahkan persoalan dengan tulus dan saya salut sekali semua menyatakan sikap yang sama, ini bagian dari ibadah, tulus mengatasinya," kata dia.[]

Berita Lainnya

Ketua Komisi I DPR Beberkan Penyiaran Digital dalam UU Cipta Kerja

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid membeberkan aturan penyiaran digital dalam Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja. . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Hajar Hadjuk Split 0-4, Duo Mahessa Bangga Bisa Bela Timnas U-19

SOKSINEWS.COM, Tim Nasional Indonesia U-19 berhasil menggasak Hadjuk Split dengan skor telak 4-0. Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-Yong . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Jokowi Ungkap Empat Kesepakatan Pasca Bertemu PM Jepang Yoshihide Suga

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo menyampaikan empat kesepakatan antara Indonesia dan Jepang pasca pertemuannya dengan Perdana . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Ketua MPR Ingatkan Pentingnya Sistem Pendukung untuk Kesembuhan Pasien COVID-19

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengingatkan pentingnya sistem pendukung dari masyarakat hingga pemerintah untuk . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Pemerintah Pastikan Proses Penyerapan Aspirasi Soal UU Ciptaker Sudah Berjalan

SOKSINEWS.COM, Pemerintah pastikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengungkap bahwa proses penyerapan . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020