Jumat, 25 September 2020

 

 

Ekonomi

Pembangunan Infrastruktur Jadi Strategi Pemerintah Pulihkan Ekonomi Nasional

Melly Kartika Adelia
Selasa, 25 Agustus 2020 19:32 WIB

Pembangunan Infrastruktur Jadi Strategi Pemerintah Pulihkan Ekonomi Nasional
Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur menjadi salah satu strategi pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional pascawabah corona menyerang Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 ruas Indrapuri-Blang Bintang di Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Selasa (25/8/2020).

"Dalam kondisi seperti ini, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu strategi yang memberikan daya ungkit untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional," kata Presiden Jokowi, sebagaimana disaksikan secara virtual.

Jokowi mencontohkan pembangunan infrastruktur jalan tol yang menyambungkan Aceh hingga Lampung sepanjang 2.765 km akan mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Sumatera.

Kemudian, pembangunan jalan tol bisa meningkatkan efisiensi serta penyerapan tenaga kerja.

Di samping itu, ia juga menyampaikan meskipun bangsa Indonesia tengah menghadapi pandemi COVID-19, pembangunan infrastruktur tetap terus dijalankan karena kondisi prasarana di Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara lain.

Ketertinggalan infrastruktur menyebabkan biaya logistik menjadi lebih mahal dibandingkan negara lain.

"Inilah yang menyebabkan daya saing kita menjadi tidak baik kalau dikompetisikan dengan negara-negara tetangga kita," ujar Jokowi.[]

Berita Lainnya

Sore Ini, Rupiah Ditutup Menguat Menjadi Rp14.700 per Dolar AS

SOKSINEWS.COM, Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan menjelang akhir bulan September masih . . .

Ekonomi Senin, 21 September 2020

Kabar Gembira, Perekonomian Indonesia Mulai Merangkak Naik

SOKSINEWS.COM, Sektor industri manufaktur di Indonesia menunjukkan geliat yang agresif di tengah tekanan dampak pandemi COVID-19. . . .

Ekonomi Rabu, 02 September 2020

Ternyata Ini Penyebab Pertamina Merugi Rp 11 Triliun

SOKSINEWS.COM, Terdapat tiga faktor penyebab Pertamina merugi hingga Rp11,13 triliun pada semester I-2020. Salah satunya karena . . .

Ekonomi Selasa, 01 September 2020

Gubernur BI Beberkan 3 Cara Majukan UMKM di Era Digital

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan tiga cara memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai . . .

Ekonomi Jumat, 28 Agustus 2020

Kemenperin Dorong Pembangunan Pabrik Gula Terintegrasi Lahan Tebu

SOKSINEWS.COM, Kementerian Perindustrian terus mendorong pembangunan pabrik gula baru yang terintegrasi lahan tebu. Pabrik baru . . .

Ekonomi Kamis, 27 Agustus 2020