Selasa, 27 Oktober 2020

 

 

Nasional

Golkar Tepis Isu Bahwa China Bangun Pangkalan Militer di Indonesia

Yusuf Asyari
Kamis, 03 September 2020 22:26 WIB

Golkar Tepis Isu Bahwa China Bangun Pangkalan Militer di Indonesia
Bobby Adhityo Rizaldi. (istimewa)

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi meyakini Indonesia tidak akan mungkin menjadi salah satu pangkalan militer China. Bobby menepis isu yang menyebutkan China ingin membangun pangkalan militer di Indonesia.

"Rasanya selama konstitusi kita masih belum berubah, dimana Indonesia merupakan negara yang menganut prinsip bebas aktif atau non-blok, hal tersebut sulit terlaksana," ujar Bobby Adhityo Rizaldi sperti dikutip dari Sindonews, Kamis (3/9/2020).

Adapun isu itu dihembuskan dalam laporan tahunan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) ke Kongres, yang berjudul Perkembangan Militer dan Keamanan yang Melibatkan Republik Rakyat China 2020.

Dalam laporan itu, Amerika Serikat menuduh China menargetkan sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia sebagai tempat membangun pangkalan militer.

"Ini kan hanya informasi dari dokumen laporan Kementerian Pertahanan US ke kongres pada 2 September 2020 kemarin," ungkap Politikus Partai Golkar ini.

Dia mengatakan, sejauh ini tidak pernah ada komunikasi soal rencana pembangunan pangkalan militer itu antara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Indonesia dengan Kemenhan China.

"Jadi biarkan saja mereka berwacana, ini masih belum ada usulan atau apapun baik bilateral RI - RRT ataupun dalam forum internasional pun di PBB," pungkasnya.

Berita Lainnya

Presiden Jokowi Minta Jajarannya Jelaskan pada Masyarakat Soal Tahapan Imunisasi COVID-19

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk membuat dan menjelaskan tahapan imunisasi COVID-19 yang harus . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Jakarta Selatan

?SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini hujan disertai petir dan angin . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

160.916 Personel Korlantas Polri Diterjunkan dalam Pengamanan Libur Panjang

SOKSINEWS.COM, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono melepas tim perwira pengamat wilayah (Pamatwil) . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Ketua MPR: Generasi Muda Harus Jadi Ujung Tombak Pembangunan Nasional

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengenang peran pemuda di masa perjuangan kemerdekaan bukan berarti kita tidak mau . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Menko Luhut: Indonesia Optimalkan SDA Antisipasi Green Product

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan mengoptimalkan . . .

Nasional Senin, 26 Oktober 2020