Kamis, 24 September 2020

 

 

Nasional

Pemerintah Sudah Salurkan Subsidi Upah Sebesar Rp 5,84 Triliun

Yusuf Asyari
Sabtu, 12 September 2020 15:57 WIB

Pemerintah Sudah Salurkan Subsidi Upah Sebesar Rp 5,84 Triliun
Ilustrari

SOKSINEWS.COM, Pemerintah sudah menyalurkan subsidi upah sebesar Rp 5,84 triliun dengan jumlah penerima mencapai 4,87 juta orang atau mencapai 89,45 persen. Adapun target penerima sebanyak 5,5 juta pekerja dalam dua gelombang.

"Bantuan subsidi upah akan terus dilanjutkan hingga tahun 2021," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (12/9/2020).

Untuk gelombang pertama pemerintah menargetkan 2,5 juta orang pekerja menerima subsidi upah dengan total yang dianggarkan sebesar Rp3 triliun.

Sedangkan gelombang kedua ditargetkan untuk tiga juta orang dengan anggaran Rp3,6 triliun sehingga total dalam dua gelombang ini ada 5,5 juta orang pekerja.

Pemerintah meluncurkan bantuan subsidi upah bagi pekerja/buruh dengan penghasilan di bawah Rp5 juta yang bertujuan meringankan beban dan menjaga daya beli pekerja pada masa pandemi COVID-19.

Anggaran program ini disiapkan Rp37,7 triliun bagi 15,7 juta pekerja/buruh, dengan besaran bantuan sebesar Rp2,4 juta.

Sementara itu untuk gelombang ketiga, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) pada Selasa (8/9) telah menyerahkan ke Kementerian Ketenagakerjaan sebanyak 3,5 juta data rekening calon penerima.

Kemnaker memiliki waktu empat hari untuk melakukan verifikasi data yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan sebelum menyerahkan data yang lolos ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

KPPN kemudian akan memberikan dana subsidi upah itu kepada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) sebagai penyalur yang kemudian akan mentransfer subsidi sebesar Rp600.000 per bulan untuk empat bulan ke rekening pribadi pekerja baik di bank negara maupun bank swasta.

Berita Lainnya

Hengkang dari KPK, Febri Diansyah Akan Bangun Firma Antikorupsi

SOKSINEWS.COM, Pasca hengkang dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengaku ingin mendirikan firma hukum yang . . .

Nasional Kamis, 24 September 2020

Dapat Nomor Urut 1, Pasangan BERAKAR Optimis Menangkan Pilkada Belitung Timur

SOKSINEWS.COM, Pasangan Calon Bupati Belitung Timur, Burhanudin dan Khairil Anwar (BERAKAR) mengaku makin optimis menang setelah . . .

Nasional Kamis, 24 September 2020

BNPB Minta Pemda Siap Siaga Hadapi Potensi Bencana Hidrometeorologi

SOKSINEWS.COM, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta pemerintah daerah melakukan langkah kesiapsiagaan menghadapi . . .

Nasional Kamis, 24 September 2020

Komisi II DPR RI Setujui Pagu Anggaran KPU dan Bawaslu, Ini Besarannya

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tanjung menyampaikan bahwa pihaknya menyetujui pagu anggaran Komisi Pemilihan . . .

Nasional Kamis, 24 September 2020

Per 24 September, Pasien Positif COVID-19 Bertambah 4.634 Kasus

SOKSINEWS.COM, Satgas penanganan COVID-19 menyampaikan data terkini terkait jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 per hari . . .

Nasional Kamis, 24 September 2020