Sabtu, 24 Oktober 2020

 

 

Nasional

Tanggapi Pro Kontra Penerapan PSBB Total, Fokusmaker Minta Semua Bersatu

Yusuf Asyari
Senin, 14 September 2020 18:20 WIB

Tanggapi Pro Kontra Penerapan PSBB Total, Fokusmaker Minta Semua Bersatu
Fokusmaker meminta semua pihak bersatu dalam menangani pandemi Covid-19

Tanggapi Pro Kontra Penerapan PSBB Total, Fokusmaker Minta Semua Bersatu

SOKSINEWS.COM, Ketua Badan Koordinasi Nasional (Bakornas) Forum Komunikasi Studi Mahasiswa Kekaryaan (FOKUSMAKER), Denny Firmansyah menyoroti perbedaan pendapat antara sejumlah menteri Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta soal penerapan PSBB Total.

"Memang bukan terjadi di Jakarta saja soal perbedaan pandangan antar birokrasi pemeritahan. Setidaknya pernah terjadi di Pemkot Surabaya yang memepunyai jalan sendiri dengan tidak mengikuti arahan Pemprov Jatim," kata Denny dalam sambungan Via WhatApp, Senin (14/9/2020).

"Dan soal ketidakharmonisan antar instansi birokrasi pada akhirnya lebih memilih jalan masing masing dalam penyelsaian penanggulangan Covid-19 ini," sambungnya.

Lebih lanjut Denny Firmansyah menyayangkan ketikdakharmonisan unsur pimpinan Pusat dan Pemprov DKI Jakarta soal pemberlakuan PSSB total.

Menurutnya, dinamika politik yang kental di setiap penentuan kebijakan soal Covid-19 pada akhirnya hanya menjadi isu ketimbang mencari solusi bersama untuk penyelesaian dampak pandemi ini.

"Covid-19 ini belum selesai di Indonesia. Kebijakan yang harus disepakati harus bersama-sama, jangan ada perbedaan tajam seperti saat ini. Pandemi ini adalah ujian bgai kita sebagai bangsa," ujarya.

Dinamika politik, kata dia, memang harus berkembang. Namun, melihat pandemi yang belum selesai, lebih baik berpikir bersama dan menjauhkan kegaduhan untuk meminimalisir dampak lebih jauh ke masyarakat.

"Karena masyarakat butuh ketenangan dalam menghadapi pandemi ini, dan itu butuh keberesan terlebih dahulu dari para pemangku kebijakan yang seharusanya bersatu padu untuk menjauhkan sifat-sifat perbedaan yang tak mesti dipertontonkan," tegas Mantan Presiden Mahasiswa Universitas Paramadina itu.

Denny mengajak semua pengambil kebijakan, jajaran birokrasi ataupun lembaga-lembaga Ad Hoc, bisa mengakhiri perbendaan pendapat. Baginya, tidak wajar jika setiap pengambilan keputusan, di tingkat birokrasi satu sama lainnya tidak mendukung.

"Seharusnya semua bersatu, jangan juga setiap penentuan pengambilan kebijakan menimbulkan pro kontra di internal, ini nantinya berdampak juga di masyarakat yang sekarang sedang butuh kepastian di semua bidang dari Pemerintah," katanya.

"Mari bersatu dan junjung tinggi sila ke tiga dalam Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia, barangkali ini yang saya harus kemukakan," pungkas Denny Firmansyah.

Seperti diketahui, terjadi perbedaan pendapat antara Pusat dan Pemprov DKI soal kebijakan pemberlakuan kembali PSBB yang berlaku per 14 September sampai 27 September 2020.

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo menegaskan, pemerintah pusat mengutamakan kesehatan masyarakat. Pusat lebih memilih Pembatasan Sosial Bersekala Mikro dan Komunitas (PSBMK) dibandingkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total yang diusulkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Doni memastikan, sampai saat ini, belum ada kepastian apakah DKI akan menerapkan PSBB Total atau tidak. Sebelumnya, sejumlah pihak meminta agar keputusan PSBB total di DKI Jakarta yang akan mulai berlaku 14 September, supaya dibatalkan.

Kebijakan Anies Baswedan dalam menerapkan PSBB total mendapatkan kritikan pedas dari sejumlah menteri. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Mendag Agus Suparmanto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Berita Lainnya

Wapres: Perlu Langkah Strategis untuk Jadikan Indonesia Produsen Produk Halal Dunia

SOKSINEWS.COM, Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menyebut perlunya langkah-langkah strategis yang kolaboratif dari seluruh pihak . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

Di Hadapan Kader HMI Malang, Ketua MPR Minta Pemuda Aktif dalam Penanganan COVID-19

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menilai pembelajaran jarak jauh (daring) di tengah pandemi COVID-19 masih menyisakan . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

BMKG: Jakarta Akan Diguyur Hujan pada Siang Hingga Malam Hari

SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya memprakirakan semua wilayah DKI Jakarta . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

Tujuh Lokasi Rawan Banjir Ini Akan Jadi Fokus Pemkot Jakbar

SOKSINEWS.COM, Musim hujan tiba. Banjir mengancam sejumlah wilayah ibu kota. Untuk itu, Pemerintah Kota Jakarta Barat fokus menangani . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020

Vaksin COVID-19 dari Oxford University Terbukti Bangkitkan Kekebalan Tubuh

SOKSINEWS.COM, Vaksin virus corona yang sedang dikembangkan di Universitas Oxford telah terbukti menghasilkan respons kekebalan . . .

Nasional Sabtu, 24 Oktober 2020