Kamis, 01 Oktober 2020

 

 

Nasional

Indonesia Akan Terima 30 Juta Dosis Vaksin COVID-19 di Kuartal IV 2020

Melly Kartika Adelia
Selasa, 15 September 2020 15:08 WIB

Indonesia Akan Terima 30 Juta Dosis Vaksin COVID-19 di Kuartal IV 2020
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (ISTIMEWA)

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkap bahwa 30 juta dosis vaksin COVID-19 akan diterima Indonesia pada kuartal IV tahun ini.

"30 juta sudah komitmen untuk bisa diberikan di kuartal IV (2020) sehingga di kuartal I (2021) kita bisa melakukan vaksinasi subjek kepada keberhasilan dalam pengetesan pengujian klinis," katanya dalam diskusi daring, Selasa (15/9/2020).

Airlangga menyatakan pemerintah sendiri menargetkan agar Indonesia mendapat akses antara 250 juta hingga 300 juta dosis vaksin COVID-19 hingga tahun depan.

"Target itu akan dicapai melalui 10 sumber yakni Sinovac, G-42/Wuhan Institute Biological Products/Sinopharm, Astra Zaneca, GAVI/CEPI, dan CanSino Biological Inc./Beijing Institute Technology," jelasnya.

"Kemudian juga dari BioNTech /Fosun Pharma/Pfizer, Modena/NIAID (National Institute of Allergy and Infrctious Diseases, Acturus Therapeutics/Duke-NUS, Genexine Korea, dan Vaksin Merah Putih," tambah Airlangga.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan berdasarkan data terbaru, tingkat kesembuhan (recovery rate) di Indonesia telah mencapai 71,5 persen. Ia juga mengakui, di awal-awal merebaknya pandemi di Indonesia, yakni sekitar Maret-April, penanganan tidak maksimal karena kondisi yang baru pertama kali terjadi.

"Tapi sekarang dengan berjalannya waktu kita sudah makin paham bagaimana kira-kira kita bereaksi terhadap ini. Saya juga minta saudara-saudara sekalian, tidak ada satu negara pun yang berani mengklaim mereka bisa mengendalikan ini dengan baik, pasti ada up and down-nya sama dengan kita," kata Luhut.[]

Berita Lainnya

Pasien COVID-19 Boleh Isolasi Mandiri Asal Memenuhi Syarat Ini

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya kembali memperbolehkan . . .

Nasional Kamis, 01 Oktober 2020

Gedung Isolasi Pasien COVID-19 Akan Dijaga Ketat Aparat TNI-Polri

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan sejumlah aparat keamanan dari unsur TNI dan Polri untuk menjaga ketat . . .

Nasional Kamis, 01 Oktober 2020

Industri Manufaktur Ikut Tertekan Karena COVID-19

SOKSINEWS.COM, Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan industri manufaktur kembali mendapat tekanan . . .

Nasional Kamis, 01 Oktober 2020

Pemerintah Sebut Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan Perlu Sinergitas Stakeholder

SOKSINEWS.COM, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut, pengembangan ekosistem kewirausahaan . . .

Nasional Kamis, 01 Oktober 2020

Pemprov DKI: Rumah Pasien Isolasi Mandiri Akan Dipasang Stiker

SOKSINEWS.COM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memasang stiker pada rumah pasien COVID-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri. Wakil . . .

Nasional Kamis, 01 Oktober 2020