Senin, 19 Oktober 2020

 

 

Nasional

Kemenkes Pastikan Kapasitas Ruang Perawatan Pasien COVID-19 Masih Mencukupi

Melly Kartika Adelia
Kamis, 17 September 2020 18:19 WIB

Kemenkes Pastikan Kapasitas Ruang Perawatan Pasien COVID-19 Masih Mencukupi
Ruang perawatan pasien COVID-19 (Ilustrasi)

SOKSINEWS.COM, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan bahwa kapasitas rumah sakit (RS) untuk merawat pasien COVID-19 di DKI Jakarta masih cukup, baik ruang isolasi maupun ruang ICU.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan dr. Rita Rogayah melalui keterangan persnya, Kamis (17/9/2020).

"Kemenkes memastikan tersedianya ruangan untuk pasien COVID-19 ke RS yang ada di Jakarta, baik milik Kemenkes, milik Pemda, milik TNI/Polri, milik swasta dan Wisma Atlet. Dari pantauan kami di hari pertama (16/9) RS masih tersedia, terus mengembangkannya volumenya," kata Rita. 

Dalam upaya penanggulangan COVID-19 di DKI Jakarta, Kemenkes menerjunkan Tim Satgas ke sejumlah rumah sakit untuk memastikan kapasitas ruang isolasi dan Ruang Intensive Care Unit (ICU) di sejumlah rumah sakit di Ibu kota.

Pada hari pertama (16/9), tim tersebut mendatangi RSUP Nasional Cipto Mangunkusumo, RSPI Sulianti Saroso, RSUD Tarakan, RSU Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto, RS Hermina Kemayoran, RSUD Pasar Rebo, RSDK Duren Sawit, RSU Pertamina Jaya, RS Mitra Keluarga Kemayoran dan RSPAD Gatot Soebroto.

"Dari hasil pemantauan tersebut diperoleh data tentang kapasitas jumlah tempat tidur yang telah dimiliki rumah sakit-rumah sakit tersebut dan rencana pengembangannya," jelasnya.

Di RS RSPI Sulianti Saroso, kata dia, saat ini sudah terdapat 34 tempat tidur di ruang isolasi dan 10 tempat tidur di ruang ICU. Dalam waktu dekat, RSPI Sulianti Saroso akan menambah jumlah kapasitas tempat tidur, baik di ruang isolasi maupun ICU menjadi 48 tempat tidur di ruang isolasi dan 14 tempat tidur di ruang ICU. Pada Senin, 21 September 2020 ruangan tersebut direncanakan sudah dapat digunakan.

Kemudian, untuk RS Hermina Kemayoran, 48 tempat tidur di ruang isolasi dan 6 tempat tidur di ruang ICU juga sudah tersedia.

Berikutnya, RSUD Pasar Rebo juga telah memiliki kapasitas 50 tempat tidur yang terbagi rata di ruang isolasi Anggrek dan ruang isolasi Cempaka, serta 9 tempat tidur di ruang ICU. RSUD Pasar Rebo tersebut akan melakukan pengembangan sebanyak 25 tempat tidur di ruang isolasi dan 6 tempat tidur di ruang ICU.

Selanjutnya, RSDK Duren Sawit telah memiliki kapasitas 202 tempat tidur di ruang isolasi dan 13 tempat tidur di ruang ICU. Dan dalam waktu dekat RSDK Duren Sawit akan menambah 200 tempat tidur isolasi dan 8 tempat tidur di ruang ICU.

Di RSU Bhayangkara Tk. I R. Said Sukanto, saat ini, kata Rita, telah memiliki kapasitas 169 tempat tidur ruang isolasi dan 15 tempat tidur ruang ICU dengan rencana penambahan dalam waktu dekat sejumlah 31 tempat tidur di ruang isolasi, dan 15 tempat tidur di ruang ICU.

Sementara di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, saat ini telah terdapat 178 tempat tidur di ruang isolasi dan 31 tempat tidur di ruang ICU. Untuk rencana pengembangan, RSUPN Dr. Cipto sudah menyiapkan tambahan tempat tidur sebanyak 50 di ruang isolasi dan 10 tempat tidur di ruang ICU, dengan perkiraan pada Senin, 21 September 2020, ruangan tersebut sudah dapat digunakan.

Adapun RSUD Tarakan telah memiliki sebanyak 114 dan 38 tempat tidur di ruang ICU, dengan rencana penambahan 4 tempat tidur pada ruang ICU. Dan RSU Pertamina Jaya memiliki daya tampung 75 tempat tidur di ruang isolasi dan 65 tempat tidur di ruang ICU dengan rencana penambahan tempat tidur pada ruang isolasi sebanyak 15 buah.

Sementara itu, RSPAD Gatot Soebroto memiliki daya tampung 253 tempat tidur di ruang isolasi dan 27 di ruang ICU. Saat ini, RSPAD Gatot Soebroto juga telah melakukan pengembangan sebanyak 30 tempat tidur di ruang isolasi.

Sedangkan RS Mitra Kemayoran memiliki daya tampung 35 tempat tidur di ruang isolasi dan 5 tempat tidur di ruang ICU dengan rencana penambahan dalam waktu dekat sejumlah 22 tempat tidur di ruang isolasi.[]

Berita Lainnya

Ketua DPP: Golkar Lahir Sebagai Kekuatan untuk Melawan PKI

SOKSINEWS.COM, Ketua DPP Partai Golkar H.M. Iqbal Wibisono menegaskan bahwa Golongan Karya lahir sebagai salah satu kekuatan untuk . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Menko Perekonomian Ajak Pengusaha Jerman Tingkatkan Investasi di Indonesia

SOKSINEWS.COM, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak pengusaha dari Jerman untuk meningkatkan investasi di Indonesia. . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Ini Tips Agar Lipstick Tidak Menempel ke Masker

SOKSINEWS.COM, Penggunaan lipstick saat harus pakai masker dikeluhkan sebagain perempuan. Mereka merasa masker mengurangi ketebalan . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Wamendag Jerry Sambuaga Minta Milenial Kembangkan Kreativitas Hadapi Pandemi

SOKSINEWS.COM, Kreativitas yang merupakan modal kaum milenial harus dimunculkan dan dikembangkan untuk turut berkontribusi bagi . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Per Hari Ini, Pemerintah Sebut Realisasi Anggaran PEN Sudah Mencapai 49.5 Persen

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari dampak . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020