Senin, 19 Oktober 2020

 

 

Nasional

DPR: KKP Harus Tindak Tegas 14 Perusahaan yang Ekspor Benih Lobster Ilegal

Yusuf Asyari
Rabu, 23 September 2020 09:09 WIB

DPR: KKP Harus Tindak Tegas 14 Perusahaan yang Ekspor Benih Lobster Ilegal
Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Komisi IV DPR RI meminta penjelasan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengenai status 14 perusahaan yang telah melakukan ekspor ilegal 1,5 juta benih lobster ke Vietnam beberapa waktu lalu.

Anggota Komisi IV DPR Alien Mus dari Fraksi Golkar mengatakan kasus tersebut sangat memalukan. Ia mendesak KKP untuk segera menindaklanjuti kepada 14 perusahaan yang telah melanggar.

“Bagaimana 14 perusahaan (lolos) apa yang ditindaklanjuti oleh KKP dan Dirjen BKIPM. Kami punya draf perusahaannya,” katanya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPR yang dikutip secara virtual, Selasa (22/9).

DPR Minta KKP Tindak Tegas 14 Perusahaan Pelaku Ekspor Benih Lobster Ilegal  (1)
Kementerian Kelautan, dan Perikanan (KKP) dan TNI AL gagalkan penyelundupan benih lobster.

Sebelumnya, Bea Cukai Soekarno Hatta telah menggagalkan penyelundupan benih lobster yang akan diekspor ke Vietnam, Selasa (15/09). Berdasarkan informasi dari Bea Cukai, diduga pelanggaran ekspor benih lobster dengan tujuan pengiriman Ho Chi Minh City, Vietnam.  

“Setelah dilakukan analisis, terdapat 20 dokumen PEB yang didaftarkan oleh 14 eksportir yang berbeda. Kami berkoordinasi dengan Polresta Bandara Soekarno Hatta dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil perikanan Jakarta I Bandara Soekarno Hatta melakukan penindakan atas kasus ini,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Finari Manan, Jumat (18/9)

Dari pemetaan di lapangan diketahui bahwa ekspor benih lobster secara ilegal tersebut telah berada di samping badan pesawat dan siap untuk dilakukan pemuatan ke dalam pesawat.

Akhirnya, tim berhasil menarik 315 colly yang terdaftar di 19 pemberitahuan ekspor barang (PEB), namun untuk 1 PEB sudah tidak mungkin di-unloading.

Berita Lainnya

Ketua DPP: Golkar Lahir Sebagai Kekuatan untuk Melawan PKI

SOKSINEWS.COM, Ketua DPP Partai Golkar H.M. Iqbal Wibisono menegaskan bahwa Golongan Karya lahir sebagai salah satu kekuatan untuk . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Menko Perekonomian Ajak Pengusaha Jerman Tingkatkan Investasi di Indonesia

SOKSINEWS.COM, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak pengusaha dari Jerman untuk meningkatkan investasi di Indonesia. . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Ini Tips Agar Lipstick Tidak Menempel ke Masker

SOKSINEWS.COM, Penggunaan lipstick saat harus pakai masker dikeluhkan sebagain perempuan. Mereka merasa masker mengurangi ketebalan . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Wamendag Jerry Sambuaga Minta Milenial Kembangkan Kreativitas Hadapi Pandemi

SOKSINEWS.COM, Kreativitas yang merupakan modal kaum milenial harus dimunculkan dan dikembangkan untuk turut berkontribusi bagi . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020

Per Hari Ini, Pemerintah Sebut Realisasi Anggaran PEN Sudah Mencapai 49.5 Persen

SOKSINEWS.COM, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari dampak . . .

Nasional Senin, 19 Oktober 2020