Rabu, 28 Oktober 2020

 

 

Nasional

Banggar DPR Telah Rampungkan Pembahasan RAPBN 2021

Yusuf Asyari
Kamis, 24 September 2020 11:39 WIB

Banggar DPR Telah Rampungkan Pembahasan RAPBN 2021
Wakil Ketua Banggar DPR RI Muhidin Mohamad Said. Foto: Oji/Man

SOKSINEWS.COM, Badan Anggaran (Banggar) DPR RI secara resmi telah merampungkan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2021 melalui mekanisme Panitia Kerja (Panja).

Wakil Ketua Banggar DPR RI Muhidin Mohamad Said mengungkap, pembahasan berlangsung secara dinamis. Hingga saat ini permasalahan kesehatan dalam menanggulangi pandemi Covid-19 belum usai, namun pemulihan ekonomi tetap harus berjalan.

“Dua masalah ini (kesehatan dan ekonomi, red) tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya. Masalah ekonomi harus berjalan sejajar sehingga kita tidak teralu terpuruk dengan kontraksi ekonomi yang menimpa semua negara. Oleh karena itu, kita bersyukur bahwa tadi kita sudah sepakat merampungkan RUU tentang APBN 2021,” kata politisi Fraksi Partai Golkar di Senayan, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Dirancang dalam situasi pandemi, RAPBN 2021 secara garis besar ditujukan untuk percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi.

Muhidin mengatakan bahwa Pemerintah diberi ruang untuk melakukan refocussing dan realokasi anggaran apabila terjadi sesuatu, misalnya penerimaan negara di luar target dan kesepakatan yang sudah dilakukan DPR dan Pemerintah.

“Tapi kita berikan batasan-batasan yang boleh, misalnya saat defisit lebih dari 3 persen, shortfall pajak 30 persen, maka Pemerintah bisa melakukan revisi. Kalau itu tidak tercapai, maka Pemerintah hanya punya kewenangan untuk melakukan refocussing dan realokasi, dengan tidak mengurangi anggaran pemulihan ekonomi dan penanggulangan Covid-19. Itu yang lama jadi perdebatan antara Banggar DPR dengan pemerintah,” jelasnya.

Berita Lainnya

Menang 3-0, Guardiola yakin Manchester City Bakal Konsisten

SOKSINEWS.COM, Manajer Manchester City Pep Guardiola yakin timnya akan menemukan konsistensi yang mereka butuhkan setelah meraih . . .

Nasional Rabu, 28 Oktober 2020

Politikus Golkar Minta Penambahan Kuota Pupuk Bersubsidi Dikelola Baik

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan mengapresiasi langkah cepat Kementerian Pertanian soal kelangkaan pupuk . . .

Nasional Rabu, 28 Oktober 2020

Gubernur BI Sebut Vaksin COVID-19 Tumbuhkan Investasi Global ke Indonesia

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan pemesanan vaksin COVID-19 oleh pemerintah menumbuhkan keyakinan . . .

Nasional Rabu, 28 Oktober 2020

BMKG: Jakarta Diperkirakan Berawan Hingga Hujan Ringan Sepanjang Hari

SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Provinsi DKI Jakarta berawan hingga hujan . . .

Nasional Rabu, 28 Oktober 2020

Anggota DPR Milenial Jelaskan Pentingnya EBT di Depan Forum PBB

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri menjelaskan pentingnya energi baru dan terbarukan (EBT) bagi . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020