Rabu, 28 Oktober 2020

 

 

Nasional

5 Cara Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Yusuf Asyari
Senin, 28 September 2020 11:58 WIB

5 Cara Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
Ilustrasi hamil. Pixabay

SOKSINEWS.COM, Berat badan yang naik adalah hal biasa terjadi selama kehamilan, yang dikaitkan dengan indeks massa tubuh (BMI) sebelum hamil.

Menurut studi penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, pertambahan berat badan saat hamil terdiri dari bayi, cairan ketuban, plasenta, darah, jaringan payudara, pembesaran rahim dan lemak ekstra.

Lemak ekstra disimpan sebagai energi yang dibutuhkan selama persalinan dan menyusui.

Menurut pedoman yang direkomendasikan dari The US Institute of Medicine (IOM), wanita dengan berat badan normal sebelum kehamilan, dengan BMI antara 18,5 dan 24,9, mengalami kenaikan berat badan antara 11,5 dan 16 kg selama kehamilan.

Penting untuk diketahui bahwa menahan berat badan saat kehamilan pada pascamelahirkan dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Sehingga menurunkan berat badan adalah hal yang penting setelah hamil. Dilansir dari laman BoldSky, berikut beberapa cara yang bisa Kamu coba.

1. Menyusui

Sebuah studi 2019 menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu menurunkan berat badan setelah kehamilan. Namun, selama tiga bulan pertama menyusui, perubahan berat badan mungkin tidak terlihat karena peningkatan asupan kalori dan penurunan aktivitas fisik selama menyusui.

Selain itu, menyusui bayi penting dilakukan selama enam bulan pertama hingga 2 tahun karena ASI memberikan nutrisi, memperkuat kekebalan, dan menurunkan risiko penyakit pada bayi baru lahir.

2. Minum Banyak Air

Menjaga tubuh tetap terhidrasi setelah kehamilan sangat penting karena telah terbukti dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ibu harus meningkatkan asupan air selama dan setelah kehamilan.

Sebagai aturan umum, penelitian telah menunjukkan bahwa minum banyak air meningkatkan perasaan kenyang, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat berdampak negatif pada berat badan. Sebuah studi review menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menambah berat badan setelah kehamilan.

4. Makan Makanan Sehat

Pola makan sehat yang dikombinasikan dengan aktivitas fisik memainkan peran utama dalam penurunan berat badan pascapartum. Makan makanan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein dan produk susu akan memberi tubuhmu jumlah nutrisi yang diperlukan dan juga akan membantu dalam manajemen berat badan.

5. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan sarat dengan lemak tidak sehat, garam, gula, dan kalori yang berbahaya bagi kesehatan, dan juga berkontribusi pada penambahan berat badan. Oleh karena itu disarankan untuk mengurangi asupan biji-bijian olahan dan minuman manis serta meningkatkan asupan makanan segar dan padat nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak sehat, dan kacang-kacangan

Berita Lainnya

Politikus Golkar Minta Penambahan Kuota Pupuk Bersubsidi Dikelola Baik

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan mengapresiasi langkah cepat Kementerian Pertanian soal kelangkaan pupuk . . .

Nasional Rabu, 28 Oktober 2020

Gubernur BI Sebut Vaksin COVID-19 Tumbuhkan Investasi Global ke Indonesia

SOKSINEWS.COM, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan pemesanan vaksin COVID-19 oleh pemerintah menumbuhkan keyakinan . . .

Nasional Rabu, 28 Oktober 2020

BMKG: Jakarta Diperkirakan Berawan Hingga Hujan Ringan Sepanjang Hari

SOKSINEWS.COM, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Provinsi DKI Jakarta berawan hingga hujan . . .

Nasional Rabu, 28 Oktober 2020

Anggota DPR Milenial Jelaskan Pentingnya EBT di Depan Forum PBB

SOKSINEWS.COM, Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri menjelaskan pentingnya energi baru dan terbarukan (EBT) bagi . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020

Angka Teguran Hari Pertama Operasi Zebra 2020 Naik 137 Persen

SOKSINEWS.COM, Angka teguran pada hari pertama penyelenggaraan Operasi Zebra Jaya 2020 mengalami peningkatan seiring dengan fokus . . .

Nasional Selasa, 27 Oktober 2020