Rabu, 21 Oktober 2020

 

 

Nasional

Hari Rabu, 7 Amalan Ini Pahalanya Luar Biasa

Melly Kartika Adelia
Rabu, 30 September 2020 21:00 WIB

Hari Rabu, 7 Amalan Ini Pahalanya Luar Biasa
Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Rabu adalah salah satu hari dari tujuh hari yang Allah ciptakan untuk manusia. Hari Rabu merupakan hari setelah hari Selasa dan sebelum hari Kamis. Setiap hari memiliki keutamaan, tidak terkecuali hari Rabu.

Seperti dikutip dari Akurat.co, ada banyak amalan dan doa di hari Rabu yang perlu dilakukan oleh seorang Muslim. Amalan-amalan ini dilakukan agar hari Rabunya tidak lewat dengan sia-sia. Maka dari itu ada baiknya diperhatikan oleh semua orang Islam.

Sudah sehendaknya setiap orang Islam mengawali pagi harinya dengan melakukan amalan-amalan baik dan juga doa-doa yang penuh makna, termasuk di hari Rabu. Berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan di hari Rabu:

1. Memperbanyak doa di antara waktu Zuhur dan Ashar

Dari Jabir bin Abdillah RA diriwayatkan, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassallam berdoa tiga kali di Masjid Al Fath, yakni Senin, Selasa dan Rabu. Di hari Rabu, Rasulullah berdoa di antara dua salat. Dari kegembiraan di wajah beliau, diyakini bahwa doanya dikabulkan. Doa di hari Rabu diyakini dikabulkan oleh Allah. Waktu doa tersebut yakni di antara waktu Zuhur dan Ashar.

"Setiap terjadi sesuatu yang penting atau sulit, kuintailah waktu seperti Rasulullah itu, aku pun berdoa di situ doaku selalu dikabulkan Allah" begitu kata Jabir seperti dikutip dari buku berjudul, Tapak sejarah seputar Mekah-Madinah karya Muslim H. Nasution.

2. Waktu terbaik memulai kebaikan

Dikutip dari situs NU Online, para kiai di pesantren biasa memulai kegiatan belajar mengajar di hari Rabu. Ada alasan di balik pemilihan hari Rabu. Seorang pakar hadits dari Suriah dalam kitab Kasyf al-Khafâ'-nya mengatakan para guru di sana memulai majelis di hari Rabu untuk mengajar sebab ilmu adalah cahaya, maka kajian ilmu dimulai di hari diciptakan cahaya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Muslim dan Ahmad yang dikutip dari buku berjudul Pintar Hadits tulisan Syamsul Rijal Hamid, Allah SWT menciptakan cahaya pada hari Rabu. Itulah salah satu keistimewaan Hari Rabu dalam Islam.

Tidak hanya digunakan untuk memulai waktu belajar, juga dapat digunakan untuk memulai kebaikan-kebaikan. Hari Rabu Haris istimewa agar amalan kebaikan juga dihitung sebagai amalan istimewa.

3. Memulai meniatkan kebaikan

Imam as-Sakhawi, yang merupakan penyusun kitab Al Maqashidul Hasanah juga menjelaskan keistimewaan hari Rabu. "Saya dengar dari sebagian ulama saleh yang kami temui, ia berkata: Hari rabu mengadu kepada Allah tentang anggapan sial orang-orang terhadapnya, maka Allah menganugerahkan bahwa apa pun yang dimulai di hari Rabu, maka pasti akan sempurna," tulis As-Sakhawi, al-Maqâshid al-Hasanah, juz I, sebagaimana juga dikutip website detik.

4. Membaca dzikir

Pada hari Rabu, kita juga bisa membaca zikir hari Rabu. Berikut bacaan zikir hari Rabu:

Huruf latin: Astaghfirullahal'azim

Artinya: "aku memohon keampunan kepada Allah."

Setiap zikir hari Rabu ini akan menghapuskan satu titik hitam di dalam hati. Itulah doa hari Rabu dan zikirnya. Semoga doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

5. Melantunkan ayat Al-Qur'an

Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadisnya:

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Selain itu, dalam Surat Ar-Ra’du, Allah SWT juga berfirman: “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (al-Qur-an). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (al-Qur-an) hati menjadi tenteram” (QS. ar-Ra’du: 28).

6. Bergegas ke Masjid

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, no. 666).

Dalam hadis lain Rasulullah juga bersabda:

“Dulu ada seseorang yang tidak aku ketahui seorang pun yang jauh rumahnya dari masjid selain dia. Namun dia tidak pernah luput dari shalat. Kemudian ada yang berkata padanya atau aku sendiri yang berkata padanya, “Bagaimana kalau engkau membeli keledai untuk dikendarai ketika gelap dan ketika tanah dalam keadaan panas.” Orang tadi lantas menjawab, “Aku tidaklah senang jika rumahku di samping masjid. Aku ingin dicatat bagiku langkah kakiku menuju masjid dan langkahku ketika pulang kembali ke keluargaku.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sungguh Allah telah mencatat bagimu seluruhnya.” (HR. Muslim, no. 663)

7. Melakukan salat Tahajud

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi).

Rasulullah juga bersabda:

“Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi).

Begitulah amalan-amalan hari Rabu yang bisa dilakukan oleh orang Islam.[] 

Berita Lainnya

Ketua Komisi I DPR Beberkan Penyiaran Digital dalam UU Cipta Kerja

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid membeberkan aturan penyiaran digital dalam Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja. . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Hajar Hadjuk Split 0-4, Duo Mahessa Bangga Bisa Bela Timnas U-19

SOKSINEWS.COM, Tim Nasional Indonesia U-19 berhasil menggasak Hadjuk Split dengan skor telak 4-0. Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-Yong . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Jokowi Ungkap Empat Kesepakatan Pasca Bertemu PM Jepang Yoshihide Suga

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo menyampaikan empat kesepakatan antara Indonesia dan Jepang pasca pertemuannya dengan Perdana . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Ketua MPR Ingatkan Pentingnya Sistem Pendukung untuk Kesembuhan Pasien COVID-19

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengingatkan pentingnya sistem pendukung dari masyarakat hingga pemerintah untuk . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Pemerintah Pastikan Proses Penyerapan Aspirasi Soal UU Ciptaker Sudah Berjalan

SOKSINEWS.COM, Pemerintah pastikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengungkap bahwa proses penyerapan . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020