Rabu, 21 Oktober 2020

 

 

Nasional

Sinovac dan Bio Farma Mulai Transfer Teknologi untuk Produksi Vaksin COVID-19

Melly Kartika Adelia
Rabu, 30 September 2020 21:26 WIB

Sinovac dan Bio Farma Mulai Transfer Teknologi untuk Produksi Vaksin COVID-19
Ilustrasi

SOKSINEWS.COM, Perusahaan pengembang vaksin asal China, Sinovac Biotech, dan perusahaan farmasi Indonesia, Bio Farma, telah mulai menjalankan transfer teknologi pembuatan vaksin COVID-19. 

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, menyatakan bahwa terkait hal tersebut delegasi Sinovac telah melakukan kunjungan ke fasilitas Bio Farma pada 21-23 September 2020.

"Kunjungan ini fokus membicarakan mengenai pelaksanaan transfer teknologi proses produksi maupun pengujian mutu vaksin COVID-19 kepada Bio Farma, di samping melihat juga kesiapan Bio Farma untuk memproduksi bulk vaksin dari Sinovac," ujar Honesti dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Rabu (30/9/2020). 

Dia menambahkan bahwa pihak Sinovac juga membicarakan komitmen perusahaannya untuk mengirim bahan baku vaksin COVID-19 secara bertahap, yakni 50 juta dosis pada November 2020 hingga Maret 2021, dan Bio Farma mengharapkan tambahan 210 juta dosis untuk April 2021 hingga Desember 2021.

Pengembangan, termasuk uji klinis vaksin Sinovac di Indonesia dilakukan atas kerja sama Bio Farma dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

"Untuk menjaga dan menjamin kualitas vaksin COVID-19, mulai dari bahan bakunya, BPOM akan melakukan kunjungan audit proses pengembangan dan produksi vaksin di fasilitas Sinovac di Beijing, China, pada awal bulan November mendatang," kata Honesti.

Uji klinis tahap III vaksin COVID-19 Sinovac di Bandung saat ini telah berlangsung selama satu bulan lebih, dengan 1620 relawan yang menunjukkan hasil awal yang cukup baik tanpa laporan efek samping yang signifikan, dan ditargetkan selesai pada Mei 2021.[]

Berita Lainnya

Ketua Komisi I DPR Beberkan Penyiaran Digital dalam UU Cipta Kerja

SOKSINEWS.COM, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid membeberkan aturan penyiaran digital dalam Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja. . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Hajar Hadjuk Split 0-4, Duo Mahessa Bangga Bisa Bela Timnas U-19

SOKSINEWS.COM, Tim Nasional Indonesia U-19 berhasil menggasak Hadjuk Split dengan skor telak 4-0. Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-Yong . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Jokowi Ungkap Empat Kesepakatan Pasca Bertemu PM Jepang Yoshihide Suga

SOKSINEWS.COM, Presiden Joko Widodo menyampaikan empat kesepakatan antara Indonesia dan Jepang pasca pertemuannya dengan Perdana . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Ketua MPR Ingatkan Pentingnya Sistem Pendukung untuk Kesembuhan Pasien COVID-19

SOKSINEWS.COM, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengingatkan pentingnya sistem pendukung dari masyarakat hingga pemerintah untuk . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020

Pemerintah Pastikan Proses Penyerapan Aspirasi Soal UU Ciptaker Sudah Berjalan

SOKSINEWS.COM, Pemerintah pastikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengungkap bahwa proses penyerapan . . .

Nasional Rabu, 21 Oktober 2020